Game untuk Tes Buta Warna

Beberapa hari yang lalu, saya sedang penasaran sekali dengan permainan Diner Dash. Saking penasarannya, mulai pagi sampe malem berhari-hari maen itu terus (diselingi dengan mengerjakan tugas — klo sudah dekat deadline tentunya :D ). Yang bikin penasaran, kenapa sih dari dulu maen Diner Dash nggak pernah menang?? Kenapa targetnya tinggi banget?? Kenapa susah banget mencapai target padahal pengunjung gak ada yang kabur?? Kenapa?? Salah gue?? Salah temen-temen gue??? *labil*

Nah, barulah beberapa hari yang lalu saya menyadari bahwasanya untuk mencapai target minimum, atau bahkan expert sangatlah mudah.. Kuncinya satu: bawalah sebanyak-banyaknya pengunjung yang mungkin ke tempat yang warna kursinya sama dengan bajunya. Misalnya, pengunjung pertama pake baju warna biru dan kuning, ketika ada pengunjung dengan pola warna baju biru dan kuning lagi, nggak usah nge-drag ke meja baru. Tunggu aja sampe pengunjung pertama menyelesaikan makannya. Tentu saja, biar pengunjung nggak kabur gara-gara cintanya habis, hibur pengunjung yang masih antri dengan nyanyian Flo. Jadi dengan kata lain, inti dari Diner Dash adalah color matching.

Speaking of which, jadi inget seorang teman yang dulu seneng banget maen Zuma. Pas saya tanya, “Kenapa kok kamu suka main Zuma?? Emang gunanya apaan??”. Dia jawab dengan santainya, “Buat tes buta warna.”. Hahaha.. Masukkkk.. Kalo dipikir-pikir lagi, tes buta warna yang ngeliat ‘angka tersembunyi’ semacam gambar di bawah ini rasanya agak boring juga. Kenapa nggak pake game aja biar seru?? Huehue.. Pikirannya game mulu ya.. Ya gapapa juga sih, kan S2 game, jadinya butuh banyak  nge-game biar dapet inspirasi baru (alasan banget, hahaha ;p)

color 29

Dari segi waktu, memang lebih efisien kalo pake gambar di atas. Tapi menurut saya, bakal lebih fun kalo kita pake game. Nah, game macem apa sih yang bisa dipakai untuk tes buta warna? Here i’ll provide examples :D

1. Diner Dash

Diner Dash

Seperti yang sudah saya sebutkan di awal post ini, kunci dari Diner Dash adalah mencocokkan warna baju pengunjung yang datang dengan warna kursi yang akan diduduki. Memang, dalam permainan ini kita juga harus mempertimbangkan hal lain seperti tingkat kesabaran (cintanya) pengunjung, juga efisiensi gerak dari Flo (si waitress). Kendati demikian, hal yang paling menentukan untuk pencapaian target tiap levelnya adalah kecocokan warna antara baju pengunjung dengan kursinya.

2. Zuma Deluxe

Zuma Deluxe

Seperti yang dibilang teman saya tadi, hehe.. Zuma emang pas banget untuk tes buta warna. Dalam permainan Zuma, player harus menembakkan bola dari mulut kodok ke suatu tempat dalam barisan bola-bola. Jika bola ditembakkan ke barisan bola dan membentuk sequence dari (minimal) 3 bola dengan warna yang sama, bola akan pecah. Pemain harus memecahkan semua bola agar tidak terhisap ke lubang ‘matahari’ sehingga dapat naik ke level selanjutnya. Sungguh perjalanan yang panjang :D

3. Bounce Out

Bounce Out

Game ini memiliki objek yang sejenis dengan Zuma, yaitu bola-bola. Cara main game ini relatif mudah. Kita tinggal swap sebuah bola dengan bola sebelahnya agar membentuk sequence dari (minimal) 3 bola, baik secara vertikal maupun secara diagonal. Jika sudah membentuk sequence, bola-bola itu akan keluar dari kotak, kemudian digantikan bola yang baru. Pemain harus mengeluarkan bola dari kotak sejumlah yang tertera di field Balls To Go dalam waktu yang ditentukan untuk dapat naik ke level selanjutnya. Jika pemain tidak berhasil mencapai jumlah Balls To Go dalam waktu yang ditentukan, dinamit akan meledak dan permainan berakhir.

4. Chuzzle Deluxe

Chuzzle Deluxe

Objek yang ada pada permainan Chuzzle Deluxe ini adalah makhluk bunder warna warni yang so fluffy.. Unyu.. :3 Inti dari permainan ini mirip dengan Bounce Out, dimana kita harus membentuk sequence dari minimal 3 makhluk bunder itu, baik secara horizontal maupun vertikal. Bedanya, untuk membentuk sequence, kita harus menggeser objek ke kanan, kiri, atas, atau bawah. Jika sequence telah terbentuk, makhluk bunder itu akan pecah dan masuk ke dalam botol. Agar dapat naik ke level selanjutnya, kita harus memenuhi botol dengan makhluk bunder sampai tidak ada lagi makhluk bunder yang bisa masuk.

5. Cindy’s Sundae

Cindy's Sundae

Kalo yang ini mirip banget sama Chuzzle Deluxe. Bedanya cuma objek makhluk bunder yang unyu itu diganti dengan scoop es krim warna warni. Slurrrpp.. =P~

6. Spongebob Collapse

Spongebob Collapse

Dalam game ini, pemain harus mengklik pada sebuah kotak. Jika di sekitar kotak membentuk blok dengan (minimal) 3 kotak dengan warna sama, kotak-kotak tersebut akan menghilang menjadi gelembung. Kotak akan “tumbuh” dari dasar dan semakin tinggi. Jika kotak sudah mencapai baris teratas sementara waktunya belum habis dan pemain tidak memecahkan blok kotak, maka permainan akan berakhir. Sebaliknya, pemain akan masuk ke level selanjutnya.

Kalo mau di-list lagi, sebenernya masih banyaaaaaak lagi permainan yang berbasis warna. Dan menurut pendapat saya secara pribadi, untuk mendeteksi buta warna sejak dini, lebih menyenangkan pake game. But it’s up to you, mau pake metode yang slightly boring tapi efisien atau mau pake yang fun tapi pastinya menyita waktu (apalagi kalo penasaran ;p)

2 thoughts on “Game untuk Tes Buta Warna

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s