Brownies Kukus Ala Kadarnya

Sedikit cerita pengantar sebelum ke resepnya. Sudah beberapa bulan ini saya kepingin banget bisa bikin brownies yang benar-benar seperti brownies. Mungkin karena memang tidak pernah bikin kue, tidak ada yang mengajari, ditambah lagi peralatan masak di rumah kurang lengkap, jadi 3x percobaan saya bikin brownies gagal terus. Bukan gagal total sih, karena kuenya masih bisa dimakan, rasanya juga lumayan, hanya saja bentuk dan ketebalannya cukup menyisakan sebuah pertanyaan misterius: “ini kue apa sih?” XD

Pada percobaan saya yang keempat, tentu saja saya tidak ingin gagal lagi. Maka dari itu, saya coba untuk membuatnya dengan sepenuh hati (halah :p) dan sesuai dengan secercah wangsit yang saya dapat dari nenek saya beberapa waktu yang lalu. Sayangnya, bahan-bahan di dapur ternyata sangat terbatas X) Akhirnya, saya membuat brownies dengan bahan seadanya saja. Alhamdulillah, walaupun bahan seadanya, kue ke-4 saya ini cukup sukses. At least, orang bisa tahu kalau ini kue brownies. Teman-teman kantor juga bilang kuenya enak dan lembut. Hehe, jadi senang. Alhamdulillah.. :D

Sekarang, sebagai rasa syukur saya karena kuenya sukses, izinkan saya berbagi resepnya. Referensi resep dan cara mengukus saya cantumkan di akhir posting ini. Namun karena adanya banyak keterbatasan, bahan dan takaran pada resep asli saya modifikasi menjadi seperti yang saya tuliskan di bawah ini.

Bahan:

  • 100 gram tepung terigu
  • 200 gram gula pasir
  • 4 butir telur, pisahkan putih dan kuningnya
  • 150 ml margarin leleh (bisa juga diganti minyak goreng)
  • 50 gram cokelat bubuk
  • ½ sdm emulsifier (saya pake SP)
  • ½ sdt garam

Algoritma pembuatan:

  1. Ayak tepung, cokelat bubuk, dan emulsifier. Sisihkan.
  2. Kocok putih telur hingga mengembang.
  3. Masukkan kuning telur ke kocokan putih telur. Kocok lagi.
  4. Masukkan gula pasir sedikit demi sedikit sambil terus dikocok hingga larut.
  5. Masukkan bahan-bahan yang disisihkan (poin ke-1) sedikit demi sedikit sambil diaduk.
  6. Tambahkan garam. Aduk merata.
  7. Terakhir, masukkan margarin leleh/minyak goreng ke adonan, dan aduk hingga merata.
  8. Tuangkan adonan ke loyang yang telah diolesi margarin tipis dan dilapisi kertas roti yang juga diolesi margarin. * kemarin kehabisan kertas roti, akhirnya gak pake kertas.. 8-} *
  9. Kukus selama ± 40 menit.
  10. Setelah matang, langsung keluarkan loyang dari kukusan, diamkan sebentar.
  11. Keluarkan kue dari loyang dalam keadaan terbalik agar bagian bawahnya agak dingin.
  12. Setelah dingin, kertas roti bisa dilepas. Jangan lepas kertas saat brownies masih panas, karena bisa merusak tampilannya :D
  13. Balik lagi kuenya, potong-potong, dan brownies siap disajikan.

Tips buat mengukus:

  • Sebelum memasukkan loyang berisi adonan ke kukusan, pastikan air kukusan sudah mendidih dan menghasilkan banyak uap.
  • Lapisi tutup dandang dengan serbet bersih agar air pada tutupnya tidak menetes ke adonan.
  • Jangan menggunakan api besar, karena bisa mempengaruhi hasil akhir kue. Gunakan api sedang saja, yang penting bisa mempertahankan air untuk tetap mendidih dan menghasilkan uap.
  • Brownies yang sudah matang sebaiknya segera dikeluarkan dari kukusan, karena terlalu lama di kukusan bisa membuat bagian bawahnya sangat basah.

Referensi resep brownies kukus
Referensi cara mengukus kue

4 respons untuk ‘Brownies Kukus Ala Kadarnya

  1. Ping-balik: Brownies Kukus Ala Kadarnya « (: hijau jeruk :)

Tinggalkan komentar