JDBC dengan Microsoft Access (1)

Seringkali kita butuh untuk mengoneksikan aplikasi Java yang kita buat dengan database. Di Java sendiri ada standard library yang bisa digunakan untuk ini, yaitu JDBC.

Kali ini, kita akan mencoba mempraktekkan JDBC dengan menggunakan Microsoft Access. Artinya, nanti aplikasi yang kita buat bisa mengakses tabel yang ada di database Microsoft Access. Pada posting ini, akan dibahas cara melakukan setting ODBC untuk Microsoft Access. Langkah-langkah JDBC-nya sendiri dibahas pada posting selanjutnya.

Ikuti langkah-langkah berikut ini untuk setting ODBC di komputer lokal:

  1. Buka Control Panel, cari menu Administrative Tools.
  2. Pada Administrative Tools, pilih Data Sources (ODBC).
  3. Klik tombol Add
  4. Add User Data Source

  5. Pilih driver untuk database kita. Jika anda menggunakan Office 2003, pilih Microsoft Access Driver (*.mdb). Jika anda menggunakan Office 2007, anda dapat memilih Microsoft Access Driver (*.mdb), maupun Microsoft Access Driver (*.mdb, *.accdb).

    Create New Data Source

  6. Tuliskan nama data source yang akan kita gunakan di field Data Source Name. Field Description dapat dikosongi, dapat juga kita isi dengan keterangan yang membantu kita untuk membantu memahami gambaran umum isi database.

    ODBC Setup

  7. a) Jika database yang akan kita pergunakan di aplikasi sudah ada sebelumnya, tekan tombol Select dan pilih file database access yang akan digunakan. Tekan OK jika sudah.

    Select Database

    b) Jika database yang akan kita pergunakan di aplikasi belum ada/ belum dibuat, tekan tombol Create, pilih lokasi direktori dimana kita ingin menyimpan file database kita, dan ketikkan namanya pada field Database Name. Tekan OK jika sudah.

    New Database

  8. Setelah Data Source Name terisi dan file Database yang akan dipergunakan telah dipilih, pilih System Database None. Tekan OK jika sudah.

    ODBC Setup (2)

  9. Data Source Name kita akan muncul di User Data Source. Artinya, kita sudah bisa menggunakannya untuk aplikasi yang akan kita buat.

    List Data Source yang Baru

Setting ODBC selesai.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s