Double Tidak Dikenali di J2ME?!

Minggu ini saya mulai belajar J2ME, from the very beginning. Awalnya sih emang agak males belajar J2ME. Tapi karena terpaksa harus ngajar J2ME, akhirnya saya belajar juga. Ternyata eh ternyata, J2ME gak seribet yang dibayangkan. Emang sih sedikit beda sama J2SE, tapi so far, masih aman terkendali. Aal izz well :)

Still, karena masih awal2, masih banyak pula yang belum saya tau. Termasuk satu masalah ini:

kenapa di komputer saya bisa pake class Double (java.lang.Double), tapi di komputer anak yang lain ada yang gak bisa?

Tuing.. @_@

Asumsi awal saya karena netbeans-nya bermasalah. Jadi, coba2 dicoba untuk me-restart netbeans di komputer yang gak bisa tadi terlebih dahulu. Setelah di-restart, ternyata kok masih sama? Mulai bingung.

Saya tanya ke mbah Google deh (karena saya yakin, bukan hanya saya yang mengalami keanehan ini). Buka ini, buka itu, dan akhirnya saya menemukan jawabannya. Ternyata penyebab dari tidak dikenalinya class Double (dan class2 untuk floating point lainnya) adalah versi CLDC-nya. Class Double tidak ada di CLDC 1.0. Class itu adanya di CLDC 1.1. Untuk melihat apa yang disupport dan atau tidak disupport oleh CLDC 1.0 dan 1.1, silakan baca referensi berikut.

Nah, sekarang, untuk semua orang yang mengalami kejadian serupa, coba ganti saja versi CLDC project anda dari CLDC 1.0 menjadi CLDC 1.1. Untuk mengubahnya, jika anda menggunakan netbeans, klik kanan pada project, kemudian pilih Properties. Cari bagian CLDC, kemudian pilih radio button CLDC 1.1. Klik OK, dan project anda akan otomatis ter-refactor. Jika sudah, kembali ke source code anda, dan lihatlah bedanya.. :D

2 thoughts on “Double Tidak Dikenali di J2ME?!

Tinggalkan Balasan

