Mengubah Jadwal Keberangkatan Kereta Api

Pekan depan ada long weekend dalam rangka Hari Raya Paskah. Meski tidak ikut merayakan, saya sudah berencana untuk ikut menikmati liburan (baca: pulang ke kampung halaman :D). Hari Rabu yang lalu, saya bersama dengan teman saya pergi ke stasiun Bandung untuk membeli tiket kereta api Malabar Ekspres dengan jadwal keberangkatan dari Bandung tanggal 21 April 2011. Kenapa 21 April? Bukan karena hari Kartini, tapi karena jadwal kuliah pekan depan yang masih belum menentu.

Nah, kemarin sore beberapa perwakilan dari kelas saya sudah menemui dosen yang akan memberikan kuliah minggu depan. Kami pun sudah mendapatkan kejelasan jadwal kuliah untuk pekan depan. Karena kuliahnya ternyata hari Senin – Rabu saja, kami (kami atau saya ya :p) berkeinginan untuk memajukan jadwalnya menjadi 20 April 2011. Lebih cepat pulang, lebih murah pula (selisih 20 ribu rupiah.. $_$). Jadi, tadi pagi saya dan teman saya kembali ke stasiun Bandung untuk mengubah jadwal keberangkatan.

Untuk mengubah jadwal keberangkatan, ada beberapa proses yang perlu ditempuh, antara lain:

  1. Pastikan anda mengubah jadwal paling lambat H-1 (tidak bisa jika hanya beberapa jam sebelumnya).
  2. Siapkan uang untuk mengganti biaya administrasi (10 ribu untuk kelas eksekutif, 6 ribu untuk kelas bisnis, atau 2 ribu untuk kelas ekonomi).
  3. Isi formulir yang sama dengan yang anda isi saat memesan tiket, kemudian bawa ke loket.
  4. Petugas loket akan mengecek ketersediaan tempat duduk pada jadwal baru yang anda pesan.
  5. Bayar biaya administrasi anda akan mendapatkan tiket dengan jadwal yang baru.

Jika digambarkan dengan flowchart, akan seperti ini jadinya:
Flowchart Penggantian Jadwal KA

Namun sayang seribu sayang, tiket kelas bisnis (dan ekonomi) untuk tanggal 20 April 2011 sudah habis terjual. Yang tersisa hanyalah tiket kelas eksekutif, yang harganya 50 ribu lebih mahal daripada kelas bisnis. Apa boleh buat, tetaplah kami pulang tanggal 21 April.. ^,^’a
(bersambung..)

Update bulan Februari 2013

Alur penggantian jadwal keberangkatan masih sama seperti sebelumnya, hanya ada perbedaan dalam penentuan biaya administrasi (poin 2). Biaya administrasi sekarang tidak ditentukan berdasarkan kelas gerbong kereta yang akan dinaiki, tapi jadi 10% dari harga tiket awal. Misalnya tiket awal harganya 100 ribu, biaya administrasinya 10 ribu. Begitu pula jika harga tiketnya 220 ribu, biaya administrasinya ya jadi 22 ribu. Jadi, seandainya pun sama-sama kelas bisnis, atau sama-sama ekonomi, atau sama-sama eksekutif, jika harga tiket awalnya beda ya biaya administrasinya beda. :)

19 thoughts on “Mengubah Jadwal Keberangkatan Kereta Api

      • Assalamu ‘alaykum.
        IC.. BTW, kalau pesan tiketnya online, trus mu ubah tanggal (diundur), gimana caranya?
        Dah nanya ke petugas online-nya, dijawab : “Ga bisa (diubah)..” :s
        Ada nomor telepon pihak KA yang bisa dihubungi (untuk perubahan jadwal keberangkatan) ga ya..?

  1. Terimakasih informasinya. Saya baru mampir ke blog Anda dan membaca post ini.
    Kalo boleh saya tanya, Anda bercerita bahwa pada saat Anda mengubah jadwal keberangkatan Anda, ada selisih 20.000 dari harga tiket yang sebelumnya. Apakah kelebihan itu dikembalikan lagi kepada Anda? Terimakasih.

  2. Kalo misalnya saya mau berangkat 12 juli ini, tapi saya mau ubah ke tanggal 27 agustus bisa gak? Saya harus konfirmasi sebelum tanggal 12 juli atau 27 agustus? Kalo konfirmasi sebelum 12 juli cukup lama jarak pemesanannya sedangkan Kalo sebelum 27 agustus kan tiketnya sudah berangkat 12 juli. Apa masih berlaku?

    Terimakasih :)

    • Di belakang tiket kan juga sudah tertulis bahwa pengubahan jadwal keberangkatan dapat dilakukan selambat-lambatnya H-1. Dengan kata lain, jika keberangkatan awal tanggal 12 Juli ya berarti maksimal mengganti jadwalnya tanggal 11 Juli. Lewat 12 Juli tiketnya hangus. :)

  3. guys thx infonya,,, aku liburan smster ini mau backpacker ke bandung, n tiba-tiba dosen ganti jadwal mendadak n tu di hari minggu tenang! so gw hrus ganti jadwal kbrgkatan kreta dari jogja :D

  4. kalo misal tiket yang ganti tanggal itu lebih murah dari harga semula kita beli gmn? balik ga uang awal kita beli..kereta sama..

    • Kayaknya di atas sudah ada yang tanya seperti ini.. :)
      Yang jelas, ada biaya administrasi dari penggantian jadwal (10%). Kalo harganya ternyata lebih murah dan setelah dipotong 10% masih ada sisa, sisanya dikembalikan.

  5. Makasih infonya kak, sangat membantu sekali. Saya mau tanya, kalo mau pindah kelas, dari bisnis ke eksekutif dengan jam pemberangkatan yg sama apa juga kena biaya administrasi? Atau tinggal bayar kekurangan harga tiketnya aja?

  6. Malem, gini gan, tadi saya mesen tiket lewat indomaret, tiket yang aku pesen tanggal 4 juli, aku salah taggal seharusnya tanggal 25 juni, bisa gak tanggal keberangkatannya di majuin jadi tanggal 25, mohon bantuannya.

    Terima kasih

    • Selama masih ada tiket yang tanggal 25 Juni ya bisa aja kayaknya. Langsung ke stasiun dulu aja tanya2 ke CS atau tanya2 via twitter dengan mention @KAI121. Saya udah lebih dari setaun gak naik kereta karena hamil dan punya baby, jadi saya udah kurang paham mekanisme ganti jadwal yang sekarang.

Tinggalkan Balasan

