Fenomena Boyband

Wah, kok saya tiba-tiba posting kayak gini ya? Haha, gapapa ya, sekali-sekali posting sesuatu yang lagi happening, biar nggak dibilang kuper. Sebelumnya, karena tulisan ini membahas sesuatu yang tidak terlalu serius, jadi saya menggunakan bahasa semi-formal saja. :D

Saat ini di Indonesia, boyband bermunculan bagai jamur di musim hujan. Banyaaakkk banget. Nggak cuma boyband sih, girlband juga nggak kalah banyaknya. Sebenarnya saya lebih suka menyebut grup vokal daripada boyband, karena toh yang nge-band juga bukan mereka sendiri. Kalau pinjam istilahnya Project Pop, boyband adalah “laki-laki nggak pake band tapi gayanya cool” . So, rasanya kurang tepat jika mereka diberi sebutan dengan embel-embel band. Maka dari itu, disini saya akan menggunakan istilah grup vokal saja. Grup vokal laki-laki dan grup vokal perempuan.

Jika kita flashback ke satu tahun yang lalu, sepertinya grup vokal laki-laki dan perempuan belum se-booming sekarang. Tapi semuanya berubah ketika negara api menyerang. Menurut penerawangan saya, semua itu terjadi setelah ada satu grup vokal yang sempat membuat kontroversi, yaitu:

sm*shYups, sepengamatan saya, SM*SH-lah yang membuat grup vokal laki-laki dan perempuan di Indonesia jadi banyak seperti sekarang ini. Dan kemunculannya memang sempat membuat geger dunia persilatan. Ada yang suka mereka (termasuk adik-adik sepupu saya yang masih SD -___-‘a), ada juga yang anti mereka dengan alasan plagiat atau alasan-alasan lainnya. Kalau saya sih lebih memilih netral, biasa saja.

Kembali ke pembahasan tentang grup vokal laki-laki dan perempuan secara umum. Jika diamati, rata-rata yang jadi inspirasi grup vokal laki-laki dan perempuan di Indonesia saat ini adalah grup vokal laki-laki dan perempuan dari Korea. Contohnya adalah oppa-oppa *sok imut banget manggil oppa, padahal umur nggak jauh beda*Β  yang disebut-sebut sebagai grup vokal laki-laki pemimpin hallyu (Korean Wave) di bawah ini:

Super Junior

Dan sekali lagi, sebatas pengamatan saya, ciri khas grup vokal laki-laki dan perempuan dari Korea itu ada beberapa, antara lain:

  • Good looking
    Yang perempuan cantik-cantik, laki-lakinya juga nggak kalah cantik tampan. Masalah itu wajah asli atau hasil oplas, itu bukan urusan saya.
  • Fashionable
    Sebenarnya kasus ini tidak hanya berlaku bagi grup vokal laki-laki dan perempuan saja. Rata-rata orang Korea memang fashionable. Tapi entah kenapa saya sering kurang sreg melihat fashion dari laki-laki Korea. Menurut saya terlalu fashionable, malah kesannya jadi kayak Otomen.
  • Keroyokan
    Memang kalau sendirian (nggak keroyokan) namanya solo, bukan grup vokal, hehe. Tapi bukan itu maksudnya. Di era sebelumnya, yang namanya grup vokal rata-rata anggotanya 3 – 5 orang. Sekarang, lebih dari 5 orang pun jadi wajar saja. Contohnya, Super Junior (gambar di atas) beranggotakan 13 orang (dikurangi Han Geng juga masih 12 orang), SNSD 9 orang, dan masih banyak lagi yang lainnya.
  • Menyanyi sambil menari
    Untuk yang ini sepertinya tidak perlu dijelaskan lagi. :D

No offense to K-Popers ya. Saya juga suka K-Pop, cuma saya lebih prefer mendengarkan audionya daripada sambil menonton penyanyinya. Masalah selera aja kali ya :)

Well, sebenarnya nggak salah juga kalau grup vokal di Indonesia sekarang ini terinspirasi dari yang ada di Korea. Tapi jujur saja, saya pribadi merasa agak kurang sreg. Kenapa? Karena gaya mereka jadi kurang orisinil, bukan yang asli Indonesia. Jadi kayak aji mumpung. Mumpung masih booming, kenapa nggak ikutan?

Zaman saya kecil dulu, banyak juga grup vokal yang bagus. Pernah ada Trio Libels, AB Three, ME, Elfa’s Singers, Lingua, juga yang lainnya. Menurut saya, style mereka jauh lebih Indonesia daripada grup-grup vokal baru yang ada saat ini. Liriknya pun lebih bagus, bukan sekedar mempertanyakan “mengapa hatiku cenat cenut” atau sejenisnya. Tapi kenapa ya grup yang ada sekarang lebih meniru mereka yang berasal dari Korea? Efek hallyu kah? Entahlah.

Yah kita lihat saja bagaimana perkembangannya. Apa mereka masih sanggup bertahan jika musim boyband/ girlband sudah selesai.

2 thoughts on “Fenomena Boyband

  1. namanya juga musiman
    bentar lagi udah nyungsep
    eh kecuali 7icon sama cherry belle pasti jaya selalu hihihihi
    gak gak gak gak gak gak gak gak kuat

Tinggalkan Balasan

