Indonesia Bermain 2011

Sabtu – Ahad tanggal 22 – 23 Oktober 2011 yang lalu ada acara “Indonesia Bermain” di Sasana Budaya Ganesha (Sabuga). Acara ini dimeriahkan oleh banyak instansi (termasuk ITB), beberapa studio game, komunitas game, dan masih banyak lagi. Awalnya saya pesimis bisa datang ke acara ini, mengingat kegiatan saya weekend kemarin juga masih padat. Tapi alhamdulillah, masih sempat main-main kesana hari Ahad sore sebelum ditutup.

Melihat judulnya “Indonesia Bermain”, di awal saya mengira bahwa di acara ini akan dipamerkan game-game komputer buatan Indonesia. Setelah masuk, ternyata dugaan saya tidak 100% benar. Tidak semua game yang dipamerkan adalah game komputer. Memang ada banyak game komputer, namun banyak juga game non-komputer, seperti board game, bahkan ada pula pasir untuk anak-anak yang masih suka bermain pasir. Tapi yang pasti, semua game ini dibuat dan dikembangkan oleh orang-orang Indonesia. ;)

Jepret sana, jepret sini, edit dikit, tempel-tempel, jadilah gambar ini:


Indonesia Bermain

Editannya keliatan cupu banget ya, hehe. Harap maklum, sense of art saya masih butuh banyak diasah. :”>

Sebenarnya ingin sekali rasanya mengabadikan semua isi Sabuga sore itu. Tapi berhubung sudah menjelang maghrib dan saya kelaparan, jadilah hanya beberapa permainan itu saja yang sempat saya capture dari kamera hp saya. * curcol eh *

Overall, menurut saya acara ini cukup menarik. Disini kita dapat melihat bahwa sebenarnya produsen game di Indonesia juga tidak kalah dengan produsen luar negeri. Mungkin yang masih kurang adalah dari sisi pemasarannya. Karena itulah, acara semacam ini harus sering diadakan. Tidak hanya di Bandung, namun juga di tempat-tempat lain di Indonesia. Dengan acara seperti ini, masyarakat dapat melihat bahwa Indonesia juga memiliki potensi yang besar dalam mengembangkan game-game baru yang bermutu. Dan akhirnya, masyarakat pun akan menjadi lebih menghargai produk-produk dalam negeri.

Cintailah produk-produk Indonesia! :D

Tinggalkan Balasan

