Steganografi

Steganografi adalah seni dan ilmu menulis pesan tersembunyi atau menyembunyikan pesan dengan suatu cara sehingga selain si pengirim dan si penerima, tidak ada seorangpun yang mengetahui atau menyadari bahwa ada suatu pesan rahasia. Kata “steganografi” sendiri berasal dari bahasa Yunani steganos, yang artinya “tersembunyi atau terselubung”, dan graphein, “menulis”. (Sumber: Wikipedia)

Dahulu, steganografi pernah diterapkan pada zaman perang Yunani melawan Persia. Cara yang digunakan adalah dengan menyembunyikan pesan di meja yang dilapisi lilin. Di zaman Histalaeus lain lagi. Pesan yang akan dikirim ditato di kepala budak yang telah digunduli.

Saat ini, tentunya implementasi steganografi telah berbeda dengan zaman dahulu. Steganografi digunakan sebagai digital watermarking pada file gambar, audio, video, dan beberapa format yang lain. Gunanya adalah untuk menandai kepemilikan dari file tersebut.

Kali ini, untuk mata kuliah Keamanan Informasi Lanjut, kami (mahasiswa) diberikan tugas untuk membuat contoh steganografi sederhana. Sesuai dengan tujuan dari steganografi, tujuan dari tugas ini adalah untuk mempraktekkan cara menyampaikan sebuah pesan terselubung tanpa menimbulkan kecurigaan orang lain. Dan berikut ini adalah beberapa contoh steganografi sederhana yang telah saya buat:

Sebenarnya saya tidak berniat untuk “kemaruk”. Awalnya hanya ada satu tulisan yang saya tujukan untuk steganografi. Namun dalam rentang waktu yang cukup panjang, saya mendapat ide untuk “menyusupi” tulisan-tulisan lain yang sebenarnya bukan ditujukan untuk steganografi. Yah, daripada dipendam malah jadi jerawat, maka saya tuangkan saja idenya.

Kunci jawaban dari ketiga contoh steganografi itu saya sertakan pada satu tulisan terpisah. Cekidot.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s