Quotes from 응답하라 1997

Tulisan ini merupakan sambungan dari tulisan yang sebelumnya. Pada tulisan sebelumnya, saya mengatakan bahwa pada setiap episode drama seri 응답하라 1997 selalu ada quote yang lugas dan realistis. Disini, saya akan menuliskan beberapa quote dari tiap episodenya, baik yang berasal dari narasi, maupun yang berasal dari potongan dialog. Yang saya tuliskan disini mungkin tidak semuanya, mungkin juga ada yang saya tuliskan namun saya potong tanpa mengurangi maknanya.

Okelah, tak perlu basa basi lebih panjang lagi. Here are the quotes! :)

sulur-sulur

Episode 1

Di umur 18, kami jatuh cinta dengan mudah, dan sangat mengkhawatirkan hal-hal kecil. Umur 18. Biasanya orang dewasa mengatakan bahwa di usia kami, kami menertawakan hal-hal yang paling sepele. Tapi saat itu, kami serius. Saat itu lebih berat daripada orang dewasa lain.

– Shi Won

sulur-sulur

Episode 2

Menjadi orang yang berbeda… mengapa begitu sulit untuk menerimanya?

– Yoon Jae

Semua orang berbeda. Itulah dunia. Itulah cara bertumbuh besar. Umur 18. Kami bertumbuh besar, dan kami mulai berubah. Di saat yang sama, kami harus menghadapi rasa sakit lain dari pertumbuhan, yaitu menerima orang lain.

– Yoon Jae

sulur-sulur

Episode 3

Pikiran manusia itu tidak terbatas. Kedalaman dan ujungnya tidak dapat diketahui. Kadang, mereka bertengkar begitu hebat. Namun di saat lain, mereka saling mencintai.

– Shi Won

Kebenaran itu tidak menyenangkan. Tapi jika kita tidak menerimanya, kita harus hidup dalam kebohongan. Kita harus menerima kebenaran-kebenaran yang tidak menyenangkan. Apa yang kita lihat bukanlah semua yang kita tahu.

– Shi Won

sulur-sulur

Episode 4

Aku mengetahuinya saat itu. Saat kau mulai menyukai seseorang, kau tak bisa berhenti memperhatikannya. Tak ada hasil tanpa usaha. Kau tak bisa mendapatkan sesuatu jika kau hanya diam.

– Yoon Jae

sulur-sulur

Episode 5

Bertemu seseorang di jalan, mengambil buku yang sama di perpustakaan, seseorang berlari di bawah payungku… Kukira jatuh cinta akan begitu spesial. Tapi itu semua berbeda dari yang kubayangkan.

– Yoon Jae

Hidup menyerangmu di saat yang tak pernah kau sangka. Mungkin ia memberimu kesedihan, atau ketakutan yang luar biasa. Saat itu, yang bisa kita lakukan adalah menerima kenyataan dan mengakui kekalahan kita.

– Yoon Jae

Kita tak tahu akan menjadi seperti apa hidup ini. Tak ada cara untuk menghindar darinya. Kita hanya perlu menghadapinya, dan terluka sekali-sekali. Tapi hidup terkadang mengagetkan kita dengan hal-hal yang tak terduga. Dan memberikan kita kebahagiaan saat kita berhasil melewatinya. Kita tak pernah tahu akan menjadi seperti apa hidup ini. Jadi kita menggunakan seluruh indra kita untuk bertahan.

– Yoon Jae

sulur-sulur

Episode 6

Cinta membuatmu melakukan hal yang takkan kau lakukan.

– Shi Won’s Mom

sulur-sulur

Episode 7

Manusia harus puas dengan mimpi yang tak terwujud. Jika kau rakus dengan mimpi yang tak terwujud, kau hanya akan terluka. Semangat yang kosong hanya akan memberikan sakit hati. Itulah kenapa cinta yang tak terwujud itu bodoh. Namun, cinta tak terwujud yang bodoh bisa memiliki potensi. Semangat itu kadang menyebabkan keajaiban. Dan kadang, mimpi terwujud dari jauh. Saat kau mungkin tak mencapai mimpi itu, mendekatinya memberimu kesempatan untuk bahagia.

– Tae Woong

Cinta yang bertepuk sebelah tangan biasanya berakhir dengan buruk. Tapi jika kau takut dan menyerah bahkan sebelum kau mencoba, itupun sangat menyedihkan. Pertama-tama, lakukan apa yang kau inginkan daripada apa yang bisa kau lakukan. Kau hanya hidup sekali.

– Tae Woong

sulur-sulur

Episode 8

Perang Dunia Kedua. Untuk mengakhiri perang yang melelahkan ini, sekutu menyerang Pasukan Jerman. Serangan ini direncanakan sebagai serangan malam, dan dinamakan “Hari-H”. Untuk mempersiapkan hari-H ini, strategimu harus sempurna. Kau harus tahu pasti dimana musuhmu berada. Kau harus mengerti musuhmu. Kau harus bisa membaca pikiran musuhmu. Kau tak boleh lengah, mengira kau sudah merencanakan dengan sempurna. Di hari-H, hanya ada menang atau gagal.

– Yoon Jae

sulur-sulur

Episode 9

People believe that they are born with an invisible red string tied around their little finger. The string is tied to a person they’re destined to be with. However, it’s hard finding out who is waiting at the end. The string is as tangled as the number of people tied together. As we untangle it, we get to see our fate. If the red string of fate really exists, where will mine end?

– Yoon Jae

sulur-sulur

Episode 10

Alasan aku menyukaimu? Karena kau. Hanya kau. Satu-satunya alasanku. Aku harap aku tahu. Kemudian aku dapat mengendalikan perasaan untuk berhenti menyukaimu. Jika aku tidak bisa menghindarinya, aku hanya ingin satu hal. Untuk tetap menjadi teman yang tidak berubah. Untuk sakit hati. Untuk cinta.

– Joon Hee

sulur-sulur

Episode 11

Suatu hubungan yang ditentukan sebelum aku lahir. Suatu hubungan yang didirikan terlepas dari apa yang aku inginkan. Itulah keluargaku.

– Tae Woong

Pria dan wanita mengharapkan hal yang berbeda, wajah jalan yang berbeda, dan mimpi yang berbeda. Hubungan antara seorang pria dan wanita cinta yang abadi dan perkelahian. Mereka mendapatkan kekecewaan dan kebahagiaan. Mereka bertengkar dan berbaikan. Mereka saling menyakiti dan saling berpelukan. Suatu hubungan yang rumit, seperti kelainan depresi akut. Tapi bagian yang paling sulit adalah,  itu tidak dapat dimulai jika waktunya tidak tepat.

– Yoon Jae

Ada satu hubungan yang sulit yang belum dapat dihindari. Hubungan yang membosankan tapi tidak dapat dihindari. Suatu hubungan yang selama-lamanya dalam hidupmu, yaitu keluarga.

– Yoon Jae

sulur-sulur

Episode 12

Menjadi remaja adalah masa yang sulit karena kita tak tahu jawaban apapun. Kita tak tahu apa yang benar-benar kita inginkan, siapa yang benar-benar mencintai kita, siapa yang benar-benar kita cintai. Kita kesulitan menemukan jawabannya. Dan akhirnya, saat kita menemukan jawabannya secara ajaib, kita sudah menjadi orang dewasa dan telah melewati banyak perpisahan.

– Shi Won

sulur-sulur
Episode 13

Jadilah anak yang baik untuk orang tuamu selama kau bisa. Jangan menyesalinya sepertiku.

– Yoo Jung

Tidak ada waktu yang lebih baik dari pada sekarang. Lain waktu mungkin saja tidak akan terjadi. Membicarakan tentang kehidupan selanjutnya yang mungkin tidak akan pernah datang, ketika sekarang ada di depanmu. Hidup terlalu singkat untuk itu. Jika kau menyerah sekarang karena kau merasa lemah atau malas tidak ada lagi harapan di waktu selanjutnya.

– Yoon Jae

sulur-sulur
Episode 14

Menyukai seseorang bukanlah suatu pilihan. Itu datang dari hatimu. Kadang-kadang, kau tidak menyadari ketika seseorang menyukaimu. Tidak peduli seberapa banyak kau berjuang, tidak ada jawabannya. Jika kau sudah menyukainya, tidak ada lagi yang dapat mencegahnya. Jangan menyesalinya.

– Joon Hee

sulur-sulur

Episode 15

Aku tidak tahu, tapi kakakku benar-benar menyayangiku. Hanya aku yang membencinya.

– Shi Won’s Grandpa’s Little Brother

sulur-sulur

Episode 16

First love. The reason why we think first love is beautiful is not because people we first loved were actually handsome, or pretty. It’s because we were unconditional, innocent, or a bit stupid at the time of first love. And because we know that we can never go back to that young, passionate time of our days.

-Yoon Jae

First love is a bit rash. Without any calculation, we throw ourselves with passion and finally come to face failure. But it is at the same time dramatic. It comes with inexplicable feelings that we never get to experience again. So first love becomes the most dramatic moment of our lives. It’s okay to fail. Tragic stories stays longer than ‘happily ever after’. It’s nice to have that wonderful story as one chapter of one’s life.

– Yoon Jae

First love is a period of time. It never comes back. If the next love comes, time has to yield for that new love. It might not be as innocent as the first love, but it would be a little more mature, due to the pain suffered with the first love. A person who dreams of love, is the one who waits. And a person who waits can recognize the love when it comes near him.

– Joon Hee

After the romance, the real life comes in. Innocence gets dirty, passion gets cold, and youth gets old with cleverness. So first love becomes part of one’s exhausted daily life. That’s why first love looks like it can’t be accomplished. Because no one talks about a successful romance with first loves.

– Yoon Jae

6 thoughts on “Quotes from 응답하라 1997

  1. Sumpah Dramanya keren ‘-‘)b
    Quotesnya juga keren *-*)/\ bertebaran dimana-mana xD hehehe
    By the way, Nice Post ^^

  2. ahhh senangnya nemu yang sepakat sama aku soal drama inih. karena setelah selesai drama ini, agak sulit nyari drama yang bisa menggantikan posisinya di hatiku *tsaaahh
    aku bener2 kagum sama yang bikin skenarionya. super daebakk..!!!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s