Makna Basmallah

assalamualaikum

Alhamdulillaah, it’s Friday :)

Insya Allah, hari ini saya akan memasukkan beberapa tulisan yang semoga saja mampu menambah wawasan tentang agama Islam ke dalam blog ini. Saya mulai dengan tulisan ini, yaitu tentang “makna basmallah”. :)

Basmalah adalah bahasa Arab yang digunakan untuk menyebutkan kalimat Islam bismillāhi ar-rahmāni ar-rahīmi. Kalimat ini tertera dalam setiap awalan surat di dalam Al-Qur’an, kecuali Surat At-Taubah. Juga diucapkan setiap kali seorang muslim melakukan salat, juga memulai kegiatan harian lainnya, dan biasanya digunakan sebagai pembuka kalimat (mukadimah) dalam konstitusi atau piagam di negara-negara Islam.

Kalimat basmalah juga pernah ditulis pada dalam surat Nabi Sulaiman untuk ratu Bilqis sesuai dengan informasi dalam Al Qur’an yaitu di surat 27 (An Naml) ayat 30:

an naml 30

Sesungguhnya surat itu, dari Sulaiman dan sesungguhnya (isi)nya: “Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang.

Kata bismillah sendiri terdiri atas beberapa elemen:

  • Preposisi “Bi” = aku memulai
  • Al-Ism = nama, menunjuk pada sesuatu/person yang dinamai
  • Allah = nama Tuhan, berasal dari kata al-Illah


Lafazh Allah adalah nama bagi Sang Pencipta alam semesta. Allah adalah nama yang diikuti oleh seluruh nama-nama Allah lainnya, sesuai dengan yang tercantum di surat 14 (Ibrahim) ayat 1-2:

QS Ibrahim 1-2

(Ini adalah) Kitab yang Kami turunkan kepadamu supaya kamu mengeluarkan manusia dari gelap gulita kepada cahaya terang benderang dengan izin Rabb mereka, (yaitu) menuju jalan Rabb Yang Maha Perkasa lagi Maha Terpuji. (Yaitu) Allah yang memiliki segala apa yang di langit dan di bumi.

Lafazh Ar-Rahman adalah salah satu nama dari nama yang khusus bagi Allah SWT, yang tidak bisa dinamakan bagi selain Allah. Ar-Rahman artinya adalah Dzat yang bersifat memiliki rahmat (kasih sayang) yang sangat luas. Rahmat yang akan dirasakan oleh seluruh makhluk hidup, khususnya manusia, baik yang mukmin atau yang kafir. Sementara itu, lafazh Ar-Rahim adalah sebuah nama Allah yang bisa dipakai untuk Allah dan untuk selain Allah. Nama Ar-Rahim bermakna yang memiliki rahmat yang khusus diberikan hanya kepada hamba-hamba-Nya yang mukmin.

Basmallah memiliki fungsi yang sangat penting. Sebelum kita melakukan pekerjaan, kita dianjurkan untuk membaca basmallah, dengan harapan agar Allah SWT memberikan keberkahan atas pekerjaan kita tersebut. Basmallah merupakan sikap awal tawakkal kita kepada Allah SWT. Dengan basmallah, pada hakikatnya kita telah berikrar bahwa kehendak Allah SWT di atas segalanya. Maka dengan kehendak-Nya ini segala perkerjaan kita akan sempurna. Walaupun tetap kita berkewajiban untuk senantiasa berusaha, berdoa dan bertawakkal.

Basmallah adalah bentuk dzikir kita kepada Allah SWT. Dengan banyak mengingat-Nya dalam kehidupan kita sehari-hari, niscaya hati kita akan menjadi tenang dan tenteram. Salah satu cara untuk selalu mengingat Allah SWT adalah dengan membaca basmallah pada saat kita ingin melakukan segala aktivitas kita, terlebih aktivitas yang sangat penting. Dengan membaca basmallah, kita yakin bahwa Allah SWT akan menolong dan membantu banyak kebutuhan kita sehari-hari.

Bila pengucapan basmallah dilakukan dengan sadar dan sungguh-sungguh, Insya Allah ada beberapa kebaikan yang akan kita dapatkan, antara lain:

  • Akan terjaga dari syaitan, karena dengan menyebut nama Allah akan mendorong seorang mu’min mempertimbangkan apakah ia dibenarkan mengkaitkan nama Allah dengan niat dan perbuatan yang buruk.
  • Dengan menyebut nama Allah akan timbul pada dirinya sikap yang benar dan membawa dirinya ke arah yang benar.
  • Orang tersebut akan menerima pertolongan dan ridho Allah dan akan dilindungi dari godaan syaitan, karena Allah menerima perbuatan seorang mu’min bila ia beribadah kepada-Nya.

Wallahu a’lam bish showab. Semoga bermanfaat. :)

NB:
Tulisan ini dirangkum dari beberapa sumber, antara lain:
[1] “Dahsyatnya Makna Bismillah”, Buletin Dakwah Ar Rahmah Edisi 30/IV/Juli 2010, PPMa Daaru Hiraa Yogyakarta
[2] “Makna Basmalah”, http://ardiansyah89.wordpress.com/2008/07/30/makna-basmalah/
[3] “Makna Basmalah”, http://iainjambi.ac.id/component/content/article/1-latest-news/374-makna-basmalah

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s