Tanda-Tanda Waqof

Tulisan kali ini sifatnya adalah pengingat bagi kita umat muslim. Sebagai pemeluk agama Islam, kita memiliki sebuah kitab suci yang sempurna dan dapat dijadikan sebagai pedoman dalam menjalani hidup kita sehari-hari, yaitu Al Qur’anul Karim. Allah berfirman,

Al Baqarah 121

Orang-orang yang telah kami beri kitab, mereka membacanya sebagaimana mestinya, mereka itulah yang beriman kepadaNya. Dan barangsiapa yang ingkar kepadaNya, mereka itulah orang-orang yang rugi.

(QS Al Baqarah ayat 121)

Dalam ayat tersebut, sudah jelas dinyatakan bahwa kita harus membaca Al Qur’an dengan sebenar-benarnya bacaan. Nah, untuk dapat membacanya dengan benar dan sempurna, tentunya kita harus belajar. Dan salah satu materi yang perlu dipelajari tanda-tanda waqof.

Bagi yang sudah biasa membaca Al Qur’an, tentu sudah pernah mendapatkan materi yang satu ini. Namun demikian, karena keterbatasan kita sebagai manusia, kadang kala kita lupa sehingga ilmu yang telah kita pelajari butuh di-refresh kembali. Karena itu, melalui tulisan ini, saya ingin me-refresh kembali ingatan kita semua tentang tanda-tanda waqof yang dulu pernah kita pelajari.

Bismillaah..

Semoga tulisan singkat ini dapat bermanfaat bagi yang sudah, sedang, maupun yang belum pernah mempelajari tanda-tanda waqof. Aamiin.

Tanda Waqof Keterangan
waqof1 Dilarang berhenti kecuali pada akhir ayat disunahkan berhenti
waqof2 Lebih baik diteruskan
waqof3 Boleh berhenti, boleh juga meneruskan bacaan
waqof4 Berhenti pada salah satu tanda
waqof5 Diharuskan berhenti
waqof6 Lebih baik berhenti

Pedoman mudah untuk mengingatnya adalah senantiasalah berwaqof pada akhir ayat dan berlanjut ke ayat berikutnya tanpa harus mengulang. Apabila menemui ayat yang panjang, berwaqoflah pada tanda waqof di atas tanpa perlu mengulang kecuali pada tanda waqof1 dilarang berhenti. Akan tetapi, jika tanda waqof1 ditemui di akhir ayat, menurut banyak ulama, disunahkan untuk berhenti.

Apabila akhir ayat masih panjang namun tidak ada tanda waqof, berwaqoflah pada akhir nafas dengan mengulang beberapa kata sebelumnya ketika memulai bacaan.

2 thoughts on “Tanda-Tanda Waqof

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s