Menampilkan Applet di Blogger

Kali ini, saya ingin kembali kepada jati diri saya sebagai orang yang berkecimpung di dunia teknologi informasi. Sepertinya sudah agak lama saya tidak posting tentang hal-hal seperti ini. :D

Cerita di balik tulisan ini adalah, saya ingin menampilkan simulasi yang berhubungan dengan hal-hal tertentu yang pernah atau akan saya tuliskan di blog ini. Alasannya, tidak lain dan tidak bukan adalah untuk memperjelas atau memberi gambaran tentang apa yang saya tuliskan.

Kenapa di blogger?

Alasannya sederhana, karena ini blog di WordPress.com, yang notabene tidak memungkinkan kita mengakses applet. Jika ada orang yang pernah berhasil menampilkan applet pada WordPress, pastilah orang itu menggunakan WordPress.org (menginstal WordPress pada server hosting-nya sendiri).

Bagaimana caranya?

  1. Upload file .jar dari applet yang kita buat ke sebuah server. Untuk servernya, disini saya menggunakan  Google Site. Adapun nama file yang saya upload adalah TSPD.jar (alamat lengkapnya https://sites.google.com/site/raaaaatr/testing-applet/TSPD.jar)
  2. Tambahkan tulisan baru atau edit tulisan yang sudah ada pada blogger. Klik tab HTML.Tab HTML
  3. Pada kotak di bawahnya, tuliskan tag dengan format berikut:

    <applet archive = “namaFilenya.jar” code = “namaPackage.namaMainClass.class” codebase = “pathKeArchive” height = “tinggiApplet” width = “lebarApplet” > </applet>

    Dalam kasus saya, nama file archive-nya adalah TSPD.jar (sesuai dengan yang saya upload pada langkah pertama). Sementara itu, package dari project applet saya adalah tspd, dengan TSPGui sebagai nama main class-nya.  Kemudian, codebase saya disini adalah https://sites.google.com/site/raaaaatr/testing-applet/ karena file TSPD.jar saya berada di direktori itu. Terakhir, saya ingin menampilkan applet saya dalam ukuran 800 x 400 pixel. Karena itu, saya menuliskan:

    <applet archive = “TSPD.jar” code= “tspd.TSPGui.class” codebase= “https://sites.google.com/site/raaaaatr/testing-applet/ ” height = “400” width = “800” ></applet>

    HTML Tab

  4. Terakhir, klik tombol Publikasikan (untuk tulisan baru) atau Perbarui (untuk tulisan yang sudah ada sebelumnya) agar dapat menyimpan dan melihat hasilnya. Punya saya sendiri, tampilan akhirnya seperti ini:

My Applet

(http://ratratr.blogspot.com/2013/02/testing-applet.html)

Oke, kira-kira seperti itu ya. Selamat mencoba. :)

NB: 

Ada informasi lebih lanjut tentang tag <applet> yang menurut saya perlu juga diketahui. Lebih lengkapnya, silakan baca referensi ini.

2 thoughts on “Menampilkan Applet di Blogger

Tinggalkan Balasan

