Perhitungan Usia di Korea

Masih di bulan Februari dan masih dalam rangkaian edisi ulang tahun :D

Tanggal 18 Februari kemarin ada yang ulang tahun lagi loh. Siapa? Hmm, kasih tau gak ya? Hehehe, ya udah, kasih tau aja. Ini dia..

우리 창민씨 <3

Changmin

Yup, it’s Changmin of TVXQ :) Dan gambar di atas saya dapat dari akun twitter @TVXQHome beberapa jam sebelum pergantian tanggal dari 17 Februari ke 18 Februari. Cuma memang ada yang agak bikin saya penasaran: Sebenarnya Changmin lahir tahun berapa? Karena di mana-mana, kalau nemu biodatanya Changmin, selalu ditulis bahwa dia lahir tahun 1988 (slightly a few days after me). Tapi kenapa umurnya sudah menginjak 26 di tahun 2013 ini?

Honestly, ini bukan pertama kalinya saya merasa janggal dengan perhitungan umur di Korea. Sebelumnya juga saya pernah menemukan sedikit “keanehan” pada waktu saya menonton “Running Man”.

Di episode 12 (tayang tahun 2010), Song Joong Ki dikerjai oleh 7 member lainnya melalui permainan 1:7. Di akhir permainan, ketujuh orang member itu pun memberikan ucapan selamat ulang tahun yang ke-26 pada Joong Ki. Agak ganjil memang, karena Joong Ki lahir tahun 1985 (seharusnya baru 25 tahun waktu itu).

Joong Ki's 26th bd

Meanwhile, di episode 115 (tayang tahun 2012), dalam perjalanan ke lokasi misi pertama, Yoo Jae Suk bertanya kepada salah satu bintang tamu (U-Know Yunho of TVXQ), “Tahun depan (2013) usiamu 29 tahun kan?” Padahal U-Know lahir tahun 1986 (seharusnya baru berumur 28 tahun di 2013).

U Know 29

So, akhirnya beberapa hari yang lalu, saya browsing di Google dan mencari tahu jawaban dari rasa penasaran saya. Dan jawaban yang saya dapatkan dari pencarian itu adalah sebagai berikut.

Di Korea, usia seseorang sudah mulai dihitung sejak di dalam kandungan. Karena itu, ketika dia lahir, usianya sudah 9 bulan (dibulatkan menjadi 1 tahun). Dengan kata lain, ketika seorang bayi lahir, dia sudah langsung berusia 1 tahun. Itulah mengapa pada kasus-kasus di atas (dan di Korea pada umumnya), usia orang-orang tersebut 1 tahun lebih tua dari usia aslinya. Konon katanya, perhitungan ini digunakan di Asia Timur (Cina, Jepang, Korea, dan Mongolia) pada zaman dahulu. Namun demikian, saat ini, hanya Korea dan Mongolia yang masih bertahan menggunakan perhitungan ini, karena Jepang dan Cina sudah menerapkan perhitungan usia internasional.

Is that all? Not yet.

Selain adanya perhitungan di atas, usia semua orang di Korea ditambah 1 pada setiap Tahun Baru Korea (설날). Fyi, Tahun Baru Korea ini jatuh di tanggal yang sama dengan Tahun Baru Imlek. Akan tetapi, jika bulan baru muncul antara pukul 15.00 UTC (tengah malam waktu Korea) dan 16.00 UTC (tengah malam waktu Cina), Tahun Baru Korea jatuh satu hari setelah Tahun Baru Imlek (fenomena ini hanya terjadi 24 tahun sekali).

And so, this is how it works.

Kita ambil U-Know dan Changmin sebagai contoh kasusnya. U-Know lahir pada tanggal 6 Februari 1986, sementara Changmin lahir pada tanggal 18 Februari 1988. Meanwhile, Tahun Baru Korea jatuh pada tanggal 10 Februari 2013.

Pada tanggal 6 Februari 2013, usia Korea U-Know adalah 29 tahun, sementara usia Korea Changmin masih 25 tahun. Kemudian tibalah Tahun Baru Korea. Lewat Tahun Baru, (unofficially) usia U-Know bertambah menjadi 30 tahun dan Changmin menjadi 26 tahun. Nah, di tanggal 18 Februari, usia Changmin tetap 26 tahun. Mengapa? Karena hitungan usia Changmin telah ditambah pada saat Tahun Baru. So, basically, pertambahan usia resminya tetap dihitung saat official birthday-nya. 

Paham? Nggak paham juga gpp sih, karena saya sebenarnya juga bingung. Hahaha! :D

Yah, intinya mah, usia internasionalnya orang Korea itu bisa selisih 1 – 2 tahun dengan usia Koreanya karena cara perhitungannya yang berbeda. Udah gitu aja lah biar nggak pusing. xP

2 thoughts on “Perhitungan Usia di Korea

  1. Jadi yg berulang tahun sebelum tahun baru cina/korea, tetep bertambah umur, tapi setelah tahun baru tersebut, umur bertambah lagi?

    • Setelah tahun baru, umur bertambah, tapi pas ultah selanjutnya, umurnya tetep kayak waktu tahun baru. Misal awalnya umur 25. Pas tahun baru jadi 26. Nanti pas ultah lagi (tahun depan), umurnya tetep 26.
      CMIIW.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s