Mencairkan Uang dari GlobalTestMarket

Sambungan dari tulisan sebelumnya. Pada tulisan sebelumnya, saya sudah menyampaikan bahwa untuk dapat menukarkan poin kita dengan uang, kita harus mengumpulkan dulu minimal 1000 poin. Setelah terkumpul poinnya, kita dapat login ke situs GlobalTestMarket dan memilih menu “Rewards” dan menekan tombol “Redeem”.

Redeem

Setelah itu, kita akan dimintai konfirmasi tentang alamat pengiriman kita. Mengapa? Karena poin yang di-redeem hanya dapat dicairkan dengan menggunakan cek. Jadi, kita dimintai alamat agar cek itu dapat dikirim ke rumah kita. Waktu pengirimannya sendiri sekitar 2-4 pekan untuk yang berdomisili di US, dan sekitar 6-8 pekan untuk yang berdomisili di luar US. Cek yang saya dapat sendiri bentuknya seperti ini. Dalam kasus ini, bank yang mengeluarkan cek ini adalah RBS (Royal Bank of Scotlandia). Menurut yang saya baca di beberapa blog, tidak semua cek dikeluarkan oleh RBS. Ada juga yang dikeluarkan oleh BBVA Compass Bank.

GTM Cek

Pada tulisan ini, saya akan membahas cara mencairkan cek dari GlobalTestMarket via RBS saja. Singkat cerita, saya melakukan redeem 2000 poin (USD 100) sekitar bulan Oktober 2012 dan baru mendapatkan cek saya bulan Desember 2012. Tanggal dikeluarkannya cek itu sendiri tertulis 26 Oktober 2012. Berdasarkan informasi yang saya dapatkan dari pihak GlobalTestMarket, cek ini berlaku/ dapat dicairkan hingga 6 bulan setelah tanggal dikeluarkannya.

Oke, setelah melakukan survei ke beberapa blog (males keliling dari bank ke bank :P), saya mengetahui bahwa beberapa bank di Indonesia dapat membantu pencairan cek ini. Dan setelah mempertimbangkan satu dan lain hal, saya pun akhirnya memilih ke BRI. Adapun BRI yang dapat membantu proses ini adalah BRI Cabang yang besar (misalnya BRI Kawi untuk wilayah Kota Malang). Jika kita belum memiliki akun tabungan di BRI, kita akan disuruh membuat rekening terlebih dahulu. Selanjutnya, kita dapat langsung mencairkan cek tanpa harus menunggu hingga umur tabungan kita sudah sekian bulan.

Setelah memiliki rekening, cek kita akan dilihat terlebih dahulu oleh orang di bagian Inkaso. Jika tidak ada masalah dengan ceknya, kita dapat mengajukan “Permohonan Inkaso”. Contoh bukti “Permohonan Inkaso” milik saya sendiri adalah seperti yang dapat dilihat di bawah ini. Untuk permohonan ini, kita akan dimintai biaya administrasi sebesar Rp 25.000,00 (dipotong dari jumlah uang yang ada di cek kita).

Permohonan Inkaso

Setelah itu, kita tinggal menunggu uang dari cek untuk masuk ke rekening kita. Agak lama sih. Saya mengajukan permohonan tanggal 27 Desember 2012, namun uang baru masuk ke rekening tanggal 6 Februari 2013. Tapi tidak apa-apa. It’s worth the wait. Alhamdulillaah. :)

Uangnya

 

Tambahan (posted 1 Maret 2016):

Marketpoints GlobalTestMarket tidak hanya boleh ditukar cek lho. Penasaran? Klik disini.

57 thoughts on “Mencairkan Uang dari GlobalTestMarket

    • Siiip.. :)
      Klo udah di Jakarta mah enakan gitu ya.. Tapi klo jauh dari Jakarta ya mending kepotong dikit, toh ga seberapa klo dibanding akomodasi ke Jakartanya :D

  1. udah berapa lama mbak bergelut di global test market? saya member baru nih. baru 3 hari sih tapi blm dapet undangan buat survei pertamanya. mbak kmrn dpt survei pertama setelah brp lama jadi member? mohon infonya ya mbak makasih :)

    • Rasanya aneh kalo dibilang bergelut, karena ini cuma iseng-iseng berhadiah.. Hehe :D
      Seingat saya, saya gabung awal-awal 2010. Tapi setelah saya cek di e-mail tadi, ternyata saya daftar tanggal 18 Desember 2009. Dapat undangan survei pertama tanggal 23 Desember 2009. Jadi ya ditunggu saja klo belum dapat undangan. :)

  2. kalo ga punya tabungan di bri bisa ga mbak? saya lama dapat udah lama dapat check di agustus kemarin tp saya tukar di bank mandiri ga bisa.. mhn dibantu

    • Wah, kalo dari Agustus ya buruan dicairkan mbak. Kalo kelamaan nanti keburu expired. :)
      Kalo mencairkannya di BRI, harus punya rekening BRI, karena uangnya nanti langsung masuk ke rekening. Alternatif lain sih bisa di BCA (kalo mbak punya rekening BCA), tapi kalo BCA ini minimal ceknya $100. Atau kalo emang nggak pingin buka rekening baru, coba langsung ke cabang Indonesia dari bank yang ngeluarin ceknya, kayak mas Abdee yang komen pertama di tulisan ini yang langsung ke RBS Jakarta.

  3. wah mbak setelah saya lihat tanggalnya 22 juli 2013 di checknya, tp nyampai di saya bulan agustus kemarin. itu masih bisa ga mbak ???

    • Masa berlaku ceknya 6 bulan sejak tanggal yang ada di ceknya mbak, tapi dari pihak GTMnya sendiri menyarankan untuk segera mencairkan as soon as possible.. :)
      Kalo mbak belum punya rekening di BRI/BCA ya bikin aja dulu mbak. Kalo di BRI, paling ga sampe sejam juga rekeningnya udah jadi. Begitu jadi udah langsung bisa dipakai request inkaso dan ceknya bisa segera diproses. Kalo di BCA saya kurang tau, tapi kemungkinan sih sama.
      Kalo mbak ada rekening bank lain selain BRI/BCA, ya boleh aja tanya dulu ke banknya, bisa bantu cairin cek dari RBS atau enggak. Kalo bisa ya silakan minta ceknya diproses disana, tapi kalo ga bisa ya saran saya buka aja rekening di BRI/BCA :)

  4. oke deh, saya coba di bri aja deh ntr senin,,, saya punya bank mandiri ma bank sumut ga bisa keduanya sih mbak. makasih ya mbak buat infonya

  5. kalau saya sudah menukarkan point gmi tanggal 27 agustus 2013 tapi sampai sekarang cek belum sampai kerumah .. apakah ada yang salah apa memang ada yang lama dalam pengirimannya ya….

  6. Boleh kasih contoh penulisan alamat surat yang benar mbak? Saya takut salah, malah pas jadi gak nyampe2. -,- Mksh sblmnya..

    • Seperti alamat surat yang biasanya aja, misalnya “Jalan Ganeca no. 10”. Tapi pastikan negaranya sudah benar. Pastikan juga kota dan kode posnya sudah terisi.

  7. sy redempt 28 Jan’14 (2000 point), tp smp skrg 27 Mar’14 blm menerima cek dr GTM. Sy sdh tny k kontak CS, jawabannya kyk jawaban mesin & tidak menjawab pertanyaan sy (sy sdh 2x tanya). Bisa bantu apa yg harus sy lakukan? Karena kecewa, sementara waktu sy tdk mengisi survey yg datang terus ke email sy.

    • Kalo kata saya sih calm down dulu, jangan keburu emosi. :)
      Biasanya memang dapat reply langsung dari mesin, untuk mengabarkan bahwa request kita sudah terkirim. Tapi biasanya juga akan ada reply lagi yang ditulis sendiri oleh CS, yang memang tidak langsung saat itu juga diterima oleh pengirim (karena CS kan menerima request dari seluruh dunia). Jadi selama apa yang kita tulis ke CS dalam bahasa Inggris ya ditunggu saja reply-nya.
      Ya mungkin yang dapat saya sarankan hanya seperti itu saja, karena saya juga bukan orang GTM. :)

    • Paling ya lengkapi aja survey di menu Profil :)
      Tapi secepet-cepetnya, saya juga paling cepet dapat 1000 poin setelah 1 tahun, hehe. Soalnya kan belum tentu kita qualified untuk tiap survey yang ada. :)

  8. Ane udah dua kali redeem allhamdulillah, yg pertama cairin di Bank RBS Jakarta langsung dan utk yg ke dua ini mau coba di Bank2 local Indonesia, tar saya share pengalamanya ya :D

  9. Asik nih blognya buat sharing seputar globaltestmarket.
    Aku mau curhat nih mbak, aku udah redeem point 1000, baru 2 hari lalu surat dari GTM dateng ke rumah tapi diterima ortuku, katanya ga ada check di surat itu. Posisiku lagi di Malang. What can I do mbak?

    • Martadinata itu dimana ye? Di kota apa maksudnya? Hehe..
      Kayaknya klo disana ada bagian inkaso ya bisa aja. Tapi ya itu, klo di cabang yang kecil biasanya gak ada bagian inkasonya.

  10. Wah memang pake cek ternyata, saya kira pake paypal. Jadi di kolom adress sy cuma isis email doanh. Pas di submit, jadinya dy bilang ceknya mau di kirim ke alamat email gue.. Solusinya gimana tuh ya mbak?

    • Makanyaaaa, FAQ dibaca dulu ;)
      Ya udah kontak admin/ moderator aja buat ralat alamatnya.
      Eh, udah telat belom ya? Udah April kan sekarang.. Terus gimana hasilnya?

  11. Kalau di Cek nya atas nama Anaku yang masih kecil gimana bisa gak yah? kemarin nanya ke Bank BRI katanya harus ke RBS yang di jakarta!

    • Saya kok gak pake masukin nomor rekening ya? Coba mas cek dulu, yang dibuka beneran GlobalTestMarket bukan? Sampai sekarang saya gak ada tuh disuruh masuk2in nomor rekening. :)

  12. selamat siang mba,
    saya mau bertanya, berapa lama cek globaltestmarketnya di kirim ya?
    saya sudah redeem 1000 point, dari bulan septermber, sampai sekarang belum datang juga. dan juga saya udah berkali2 bertanya ke cs tapi yang menjawab mesin robot.
    tolong pendapatnya

  13. mbk kalo nama yang ada di cek beda sama nama ktp bisa gak? namaku Lindawati lha yang ketulis di cek Linda wati, cuma beda spasi doang.

    • Tergantung kebijakan bank tempat mencairkan uangnya kayaknya. Waktu itu nama saya di cek juga “Ratr” padahal harusnya “Ratri”, tapi BRI gak mempermasalahkan sih. Coba ditanyakan dulu aja ke bank.

  14. oh jadi di bri pencairannya lama ya, ane udah ampir 1 bulanan nunggu sis…apa harus ditanyain ke bank ya…ato nunggu juga ?

    • Dari globaltestmarket.com:

      Once you’ve earned your MarketPoints, click on the Redeem button to browse the catalog and redeem your MarketPoints for one of our many items like PayPal, gift cards, e-certificates and charity donations.

      Klo dibaca dari pernyataan itu sih kayaknya sistemnya udah diupdate lagi. Ntar deh saya coba redeem ke salah satunya (baca: paypal), soalnya marketpoints juga udah 1500an sih. Klo berhasil, ntar saya share di posting yang baru. :D

Tinggalkan Balasan

