My Opinion on Miss World 2013

Akhir-akhir ini, publik sedang ramai membicarakan (atau memperdebatkan?) Miss World yang dalam waktu dekat ini (mungkin) akan diadakan di Indonesia. Ada pihak-pihak yang setuju, ada pula yang dengan tegas menolak penyelenggaraan acara ini. Saya pribadi cenderung menolak. Tapi bukan itu yang ingin saya sampaikan dalam tulisan ini. Saya hanya ingin mengomentari situasi dan kondisi yang terjadi saat ini.

Buat saya, ini semua terlihat seperti setting. Penggagas acara dan panitia penyelenggara Miss World 2013 adalah orang-orang Indonesia. Kalaupun bukan semuanya orang Indonesia, pasti ada orang Indonesia yang terlibat di dalamnya. Dan saya yakin, mereka yang terlibat dalam event ini bukanlah orang-orang yang tidak berpendidikan. Mereka, sebagai orang Indonesia yang berpendidikan, seharusnya dapat memperkirakan bahwa acara ini akan menimbulkan friksi di antara masyarakat Indonesia sendiri. Pertanyaannya sekarang, kenapa mereka tetap melanjutkan dengan segala konsekuensi yang ada?

Jawabannya, menurut saya, ya ada di pertanyaan itu sendiri. Justru karena mereka tahu bahwa hal ini berpotensi menimbulkan friksi, mereka tetap bersikukuh menyelenggarakan acara ini di Indonesia. Bukan hanya tahu, boleh jadi memang mereka mengharapkan terjadinya friksi. Dan seperti yang sudah-sudah, kita (masyarakat awam) hanya diposisikan sebagai penonton. Apa yang kita lihat saat ini hanyalah permukaannya saja. Apa yang kita perdebatkan saat ini hanyalah secuil masalah yang memang sengaja diangkat untuk diperdebatkan. Hasilnya, kita sibuk beradu argumen tanpa pernah benar-benar tahu ada skenario besar apa di balik ini semua. Boleh jadi mereka ingin rakyat Indonesia terpecah belah, atau ingin menyudutkan golongan tertentu, atau ingin yang lain-lain, yang untuk saat ini mungkin masih sulit diprediksi. This world is too complicated and unpredictable. But I’m quite sure, there must be something behind this all.

Mungkin apa yang saya tuliskan di sini benar, mungkin juga salah. Mungkin anda setuju, mungkin juga tidak. Ya, sekali lagi, saya tegaskan bahwa ini hanyalah pendapat pribadi saya tentang kondisi yang terjadi saat ini. Kebenaran yang sesungguhnya hanya Allah yang tahu. Benar atau salah, semoga Allah memberikan petunjuk dan kekuatan bagi kita dalam melangkah dan menyikapi hal-hal yang terjadi di sekitar kita dengan cara yang benar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s