Simple Cappuccino

It’s been a while since I’ve started to love coffee.. ^_^

Seringnya sih saya bikin (nyeduh) kopi sendiri di rumah. Kopinya ya kopi-kopi instan semacam Nescafe, Good Day, Indocafe, atau merk-merk lainnya. Kalo lagi pingin banget, kadang suka mampir ke McCafe atau ke J.Co juga, hehe.. :D

Most likely, saya nyeduh/ beli kopi jenis cappuccino. Nah, biasanya kalo nyeduh cappuccino yang instan, menurut saya, rata-rata rasanya agak terlalu manis. I love sweet food & beverage, but when it comes to coffee, i like it bitter. That is why, saya paling suka cappuccino versi J.Co. And because of that, I’ve been wondering how to make a cup of cappuccino that will taste like J.Co version of cappuccino.

Well, the good news is, saya menemukan cara pembuatan cappuccino yang simpel dengan komposisi yang mudah pula didapatkan. Saya modifikasi sedikit, dan jadinya ternyata lumayan, agak-agak mirip sama cappuccino-nya J.Co. ^_^

Komposisinya:

  • 150 ml susu cair
  • 150 ml air panas
  • 2 sendok kopi bubuk
  • gula (sesuai selera)

Cara membuatnya:

  1. Panaskan susu cair, tapi jangan sampai mendidih.
  2. Sambil menunggu susu dipanaskan, seduh kopi dengan air panas di dalam sebuah gelas.
  3. Setelah susu menjadi panas, pindahkan ke sebuah mug yang agak besar (jangan dicampur dulu dengan kopi).
  4. Ambil whisk kecil dan apit dengan telapak tangan kanan dan kiri. Dengan telapak tangan, putar-putar whisk di dalam mug berisi susu selama kurang lebih 20 detik.
  5. Keluarkan whisk dan tuangkan kopi ke dalam susu.
  6. Jadilah cappuccino, lengkap dengan “busa”-nya :D Jika anda suka, anda dapat menambahkan gula.

Mudah kan? Hehehe..

Btw, menurut saya, jenis/ merk kopi dan susu yang digunakan mungkin akan mempengaruhi rasa akhir dari cappuccino. Kalau saya, disini saya menggunakan susu cair merk Diamond, varian Fresh Milk, yang ada gambar sapi di padang rumputnya (ingredients-nya 100% susu sapi). Saya lihat di McCafe juga menggunakan susu merk ini. Sementara itu, untuk kopinya, saya menggunakan kopi bubuk merk Indocafe yang fine blend (ingredients-nya 100% kopi pilihan — entah apa yang dipilih :P). Jika anda lebih prefer menggunakan merk lain, feel free to use them. :)

Wanna try?!

Tinggalkan Balasan

