Retrieving JSON Data With PHP

안녕하세요? 오랜만이다 :3

Rasa-rasanya, sudah agak lama saya tidak menulis tentang coding atau hal-hal lain yang berhubungan dengan IT. Saya lebih sering menuliskan tentang hal-hal yang umum (itu pun terakhir kali sudah hampir satu bulan yang lalu :P). Mungkin karena sehari-hari saya masih sangat sering berkutat dengan baris-baris kode pemrograman komputer sehingga pada akhirnya saya lebih senang menulis tentang hal-hal selain itu agar hidup saya terasa lebih berwarna. Hahahaha. *halah opo ae*

Baiklah, untuk kali ini saya akan berbagi sedikit tentang cara mengambil data yang berbentuk JSON (JavaScript Object Notation) dengan menggunakan PHP. Hal ini sedikit terkait dengan proyek pembuatan website yang sedang saya kerjakan saat ini. Saya merasa perlu berbagi tentang hal ini karena ketika kita membuat sebuah website yang memiliki data yang dinamis, kita tidak selalu menampilkan data langsung dari database yang ada di server. Ada kalanya kita perlu mengambil data dari pihak ketiga yang notabene tidak selalu mau memberikan kita akses langsung ke database.

Pada tulisan ini, saya akan memberikan contoh kode untuk  mengambil data JSON dengan menggunakan method POST. Contoh kode ini dapat dimodifikasi sesuai dengan kebutuhan website masing-masing. Perlu diperhatikan untuk poin (1), parameter diubah ke dalam bentuk array. Jumlah parameter yang dimasukkan disini sesuai dengan jumlah parameter yang diperlukan untuk dapat melakukan request dengan benar.

$args = array("param1"=>"value1", "param2"=>"value2"); // (1)
$url = "http://......."; // sesuai dengan alamat penyedia data
$content = json_encode($args);
$curl = curl_init($url);
curl_setopt($curl, CURLOPT_HEADER, false);
curl_setopt($curl, CURLOPT_RETURNTRANSFER, true);
curl_setopt($curl, CURLOPT_HTTPHEADER, array("Content-type: application/json"));
curl_setopt($curl, CURLOPT_POST, true);
curl_setopt($curl, CURLOPT_POSTFIELDS, $content);
$status = curl_getinfo($curl, CURLINFO_HTTP_CODE);
$json_response = curl_exec($curl);
curl_close($curl);
$response = json_decode($json_response, true);

Hasil akhir dari proses di atas adalah respon yang diperoleh dari server penyedia data. Sebelum dapat ditampilkan dalam website kita, data ini perlu di-parsing terlebih dahulu. Untuk melakukan parsing, anda dapat melihat contoh yang disajikan di link ini, karena menurut saya, yang dituliskan disana cukup jelas dan mudah dipahami.

Semoga tulisan ini bermanfaat ya. :)

One thought on “Retrieving JSON Data With PHP

  1. Ping-balik: Retrieving JSON Data With PHP | Quality of Life

Tinggalkan Balasan

