Quantity, not (only) Quality

Update blog lagi setelah sekian minggu cuma nongol buat approve dan balesin komentar.. Yay! :p

Sebenarnya ini sudah jadi pikiran saya sejak lama: pingin banget punya blog yang bisa dipasangin ads!

Tapi yah apalah daya, wordpress.com memang lebih terbatas untuk masalah ads. Kalo ada domain sendiri dan instal wordpress sendiri mah gak bakal seterbatas ini. Tapi kalo harus bikin baru, berarti mulai dari awal lagi, traffic-nya mulai angka 0 lagi. Oke, memang saya juga punya blog di tempat lain (blogger to be specific) yang memang pingin (suatu saat, entah kapan) diajukan ke google biar dapet adsense. Tapi kendalanya adalah.. baru 2-3 post rasanya udah agak males. Bukan yang kenapa-kenapa sih, tapi entah kenapa saya lebih prefer nulis di wordpress ketimbang di blogger. Lebih kerasa familiar. :3

Mungkin satu-satunya opsi yang bisa dipake klo mau keukeuh pingin pasang ads di wordpress.com ini ya WordAds. Sayangnya, di FAQ-nya, mereka gak nyebutin secara spesifik berapa traffic minimal biar bisa di-approve. Mereka cuma bilang, kalo mau dapet banyak ya harus dapet ribuan pengunjung dalam 1 bulan. And so.. barulah saya tengok statistik blog ini:

stat

At first, agak sedikit melongo, karena biasanya cuma nengok statistik harian. Dulu waktu awal-awal bikin blog ini masih sering lihat statistik bulanan, tapi paling dalam sebulan gak sampe 500 pengunjung. Tapi sekarang.. wow.. ternyata constantly blog ini tiap bulannya dapet lebih dari 1000 pengunjung, bahkan sempet di atas 2000 juga. Sebuah “pencapaian” buat saya, walaupun 1000-2000 pengunjung per bulan itu hitungannya masih kecil.

 

Tadi saya sempat search, berapa sih WordAds bakal bayar kita kalo di-approve? Ada yang bilang, sekitar $0.20 untuk 100 kali tampil. Tapi dari 100 kali tampil itu, pasti ada kan yang nge-run ad-blocker? Berarti kita mungkin cuma bakal dapat $0.09 bersih untuk 100 kali tampil. Oke, kita hitung dengan current traffic saya. Kita ambil rata-rata 1000 pengunjung per bulan, berarti 10*0.09 = $0.9. Kalau dirupiahkan (dengan asumsi $1 = Rp 13.000,00) cuma sekitar Rp 11.700,00. Per bulan. Dikiiiiit.. Hahahaha.

But the problem is, reward WordAds baru bisa diambil kalo saldonya sudah sampe $100. Dengan current traffic, kemungkinan baru bisa ambil reward sekitar 100 bulan lagi, a.k.a. hampir 8-9 tahun lagi. xD

Apa gak bisa lebih cepet? Ooo.. bisa. Pasti bisa. Caranya ya seperti apa yang pernah dikatakan Pak Budi Rahardjo zaman kuliah dulu: untuk update blog, kuantitas itu lebih penting daripada kualitas. Semakin banyak tulisan, semakin tinggi traffic-nya. Berarti kalo saya pingin naikin traffic blog ini, gak ada cara lain selain lebih rajin nulis.  Okelah, jadi ada semangat kan buat nulis?

Anyway, katanya WordAds bakal bayar lebih kalo pengunjungnya dari US atau Europe. Jadi mungkin untuk post-post berikutnya, saya akan lebih sering nulis dalam bahasa Inggris (atau dalam bahasa Indonesia dan Inggris). Beberapa post lama mungkin juga bakal saya tambahin keterangan singkat dalam bahasa Inggris biar pengunjungnya lebih banyak.

Okedeh. Semangat yaaaaa! :) :) :)

Ini ngayal banget dapet WordAds. Lha blog aja belum di-upgrade jadi blog yang bayar $18/tahun itu. Tapi gpp deh, step by step aja. Nulis banyak, naikin trafficupgrade jadi blog berbayar, baru apply ke WordAds. Eh, atau upgrade dulu yak? Hmm.. Ntar deh, apa kata suami, dia yang punya paypal juga xD

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s