Wreck This Journal

One more post before I’m going to sleep tonight. Nulis dulu sebelum tidur. B-)

Kali ini saya ingin mengulas tentang salah satu buku yang cukup nge-hits di seluruh penjuru dunia. Well, mungkin saya yang agak telat ikut hype-nya buku ini, karena memang buku ini gak di section yang sering saya kunjungi di toko buku. Tiap ke toko buku, biasanya saya cuss ke bagian buku-buku religi dan buku-buku seputar software engineering. Kadang juga mampir nengok buku-buku masakan atau buku-buku motivasi. Setelah punya anak, seringnya malah cuma nengokin buku parenting dan buku anak-anak.

Oke, jadi saya nemu buku ini pas jalan ke salah satu toko buku besar di bulan November tahun 2015. Dan tau sendiri ya, buku yang lagi ngetren akhir-akhir ini adalah buku mewarnai untuk dewasa (Coloring for Adults). Eh, di antara buku-buku mewarnai itu, ada 1 buku yang judulnya Wreck This Journal (Hancurkan Buku Ini). Wait.. hancurkan? Buku macam apa ini?

Googling sebentar tentang buku itu, dan sepertinya lumayan seru. Akhirnya saya pun memutuskan untuk membelinya. :D

wtj

Untuk yang belum pernah tahu Wreck This Journal, saya akan berikan review singkatnya. Buku ini adalah buku yang punya konsep reader generated content. Isi buku ini hanyalah instruksi-instruksi yang bebas diinterpretasikan oleh pembaca. Jadi disini kita bukan sebagai pembaca konten buku, tapi kitalah yang secara aktif mengisi buku ini berdasarkan instruksi yang ada. Kita akan mengubah buku yang awalnya bersih dan kosong menjadi buku yang penuh dengan coretan dan kehancuran-kehancuran kreatif lainnya.

Sudah ada bayangan? Kalo belum, nih saya tampilkan beberapa “hasil karya” saya yang biasa dan standar.

Instruksi: Jahit halaman ini

jahit

 

Instruksi: Rekatkan potongan surat kabar di halaman ini

suratkabar

 

Instruksi: Buatlah pesawat kertas

plane

 

Instruksi: Gores dengan benda tajam

gores

 

Instruksi: Sembunyikan pesan rahasia di buku ini

;doraemon

Biasanya, saya post hasil karya saya di Instagram, jadi kalo ada yang nemu gambar-gambar serupa di Instagram, mungkin itu memang akun Instagram saya. Tapi mulai sekarang, kayaknya bakal asik (baca: lebih narik traffic) kalo gambar-gambarnya di-post di blog ini juga. So, I’m going to post some pics on Instagram and lurk them here if they want to see the complete version. >:)

Mau ikut seru-seruan? Yuk beli buku ini dan share hasil karya kamu!

Tinggalkan Balasan

