Menarik Dana dari Tokopedia (with pic)

Setelah sekian kali berbelanja online di Tokopedia, baru kali ini pesanan saya dibatalkan karena barang yang saya pesan ternyata sedang out of stock. Karena itulah, uang yang sudah saya bayarkan jadi masuk ke dalam saldo Tokopedia saya. Memang tidak banyak, karena barang yang saya pesan memang bukan barang mahal, total harga dan ongkos kirim hanya Rp. 31.000,00. Tapi itu sudah lumayan karena biasanya saldo Tokopedia saya hanya sekian ratus atau sekian ribu, akumulasi dari cashback yang diberikan jika saya menggunakan ekspedisi JNE. :D

Kali ini, saya akan mencoba menuliskan cara penarikan dana dari Tokopedia berdasarkan pengalaman saya. Sebenarnya di FAQ Tokopedia sudah ada langkah-langkah penarikan saldo Tokopedia (klik disini). Tapi menurut saya, mungkin tidak semua orang akan dapat mengerti dengan baik, karena yang dituliskan disana hanya poin-poinnya saja. Disini, saya juga menambahkan screenshot dan penjelasan yang sedikit lebih panjang agar anda dapat lebih mudah mengikuti langkah-langkahnya.

Selain itu, alasan lain mengapa saya membuat tulisan ini adalah karena saya pernah menemukan komentar dari beberapa orang (I don’t even remember their names) yang menyatakan bahwa saldo Tokopedia itu tidak dapat ditarik. Saldo itu hanya akan mengendap di akun kita dan kita “dipaksa” untuk menghabiskan saldo tersebut dengan cara berbelanja. Saya akan membuktikan bahwa hal tersebut tidaklah benar. 

Sebelumnya, saya ingin memberitahukan bahwa dalam proses ini, kita akan membutuhkan kata sandi (password) Tokopedia. Jadi, bagi anda yang biasa masuk Tokopedia via Facebook/ Google/ Yahoo dan merasa belum pernah membuat kata sandi di Tokopedia, baca dulu tulisan ini: Tokopedia password?

  1. Masuk ke akun Tokopedia kita.
  2. Pada bagian sebelah kiri, di bawah nama kita, akan tertulis nominal saldo yang kita miliki.
    tokped1
  3. Klik pada tulisan nominal saldo.
    tokped2
  4. Kita akan masuk ke halaman Detil Saldo. Di sebelah kanan, ada informasi “Saldo Tokopedia yang bisa anda Tarik”. Klik pada tombol hijau bertuliskan “Tarik Dana”.
    tokped3
  5. Setelah “Tarik Dana” diklik, akan muncul tampilan “Konfirmasi Penarikan Dana” seperti yang dapat dilihat berikut ini.
    tokped4
  6. Isikan nominal yang ingin anda tarik pada kolom “Jumlah Penarikan”. Selanjutnya, jika anda sudah pernah memasukkan nomor rekening, anda tinggal memilih dari daftar nomor rekening yang ada di kolom “Nomor Rekening”. Jika belum, anda dapat memilih opsi untuk menambahkan nomor rekening baru, mengisikan nomor rekening, bank, dan cabang (jika bank anda bukan BCA).
    NB: Saya sendiri sudah pernah memasukkan nomor rekening via Pengaturan >> Rekening Bank >> Tambah Rekening Bank
  7. Setelah kolom “Nomor Rekening” terisi (nomor rekening saya off the record ya, hehe), akan muncul 1 kolom baru lagi, yaitu Kode OTP. Apa itu OTP? OTP (One Time Password) adalah kode verifikasi yang dikirim lewat SMS untuk memastikan penarikan dana benar dilakukan oleh pemilik akun. Hal ini bertujuan mencegah orang lain yang ingin memanfaatkan akun Tokopedia kita untuk melakukan penarikan dana.
    NB: Kode OTP ini muncul karena ini adalah pertama kalinya saya melakukan penarikan dana dari Tokopedia ke rekening saya. Jika sebelumnya kita sudah pernah melakukan penarikan dana ke rekening tersebut, kolom “Kode OTP” tidak akan muncul lagi.
    tokped7
  8. Karena diminta memasukkan “Kode OTP”, saya pun mengklik tombol “Kirim OTP ke HP” dan sistem Tokopedia segera mengirimkan OTP ke nomor hp saya yang sudah terdaftar di Tokopedia. Saya pun mendapatkan SMS sebagai berikut.
    screenshot_2016-04-14_0626
  9. Masukkan kode yang dikirimkan via SMS tersebut ke kolom “Kode OTP” dan masukkan kata sandi Tokopedia anda di kolom “Kata Sandi Tokopedia”.
  10. Terakhir, klik tombol “Konfirmasi”. Selesai
    tokped5

Berikutnya, kita hanya tinggal menunggu saldo Tokopedia tadi masuk ke rekening kita. Berapa lama kita harus menunggu? Tergantung bank yang kita gunakan. Jika kita menggunakan rekening bank BCA, Mandiri, BRI, BNI, dan CIMB Niaga, waktu yang kita butuhkan maksimal 1×24 jam di hari kerja. Sementara itu, untuk penarikan dana ke rekening di bank selain yang sudah disebutkan tadi, maksimal 2×24 jam di hari kerja. Jika kita melakukan penarikan dana pada hari Sabtu/ Minggu/ libur, penarikan dana baru akan diproses oleh bank di hari kerja berikutnya.

Saya disini menggunakan rekening BNI. Dan memang benar, prosesnya memakan waktu yang cukup singkat, kurang dari 24 jam. Kurang dari 6 jam malah. See below.

tokped8

2 thoughts on “Menarik Dana dari Tokopedia (with pic)

    • Pilih saja rekening yang terdaftar di kolom Nomor Rekening. Kalau nomor rekeningnya belum ada di daftar (belum pernah disimpan), pilih saja ** Tambah Rekening Bank, isi kolom-kolomnya, request OTP, selesai.
      Semoga membantu. :)

Tinggalkan Balasan

