Classic Pancake

Dulu zaman masih kuliah S2, saya sering coba-coba bikin pancake karena termotivasi setelah melihat teman saya bikin pancake. Besides that, pancake memang bukan hidangan yang sulit untuk dibuat. Nah, setelah sekian lama, kemarin saya mencoba lagi untuk membuat pancake. Tapi saking sudah lamanya nggak bikin, bahan dan takarannya pun sudah lupa, wkwkwk. Jadilah saya browsing dulu, cari-cari resep yang paling simpel dan cocok dengan stok bahan yang ada di rumah. Akhirnya ketemulah resep ini.

Oh ya, rasa-rasanya, dulu saya juga pernah menuliskan resep pancake, yang saya tulis setelah nonton Otomen :D. Kali ini, saya akan kembali menuliskan resep pancake yang sedikit berbeda dengan resep yang dulu. Yuk mari kita mulai, biar nggak terlalu bertele-tele.


Bahan:

  • 1 1/2 cup tepung terigu
  • 3 1/2 sendok teh baking powder
  • 1 sendok teh garam
  • 1 sendok makan gula
  • 1 1/4 cup susu
  • 1 butir telur
  • 3 sendok makan mentega, lelehkan

Cara membuat:

  1. Campurkan tepung terigu, baking powder, garam, dan gula pada sebuah wadah. Aduk hingga tercampur kemudian buat semacam ‘lubang’ di tengahnya.
  2. Masukkan telur, mentega yang sudah dilelehkan, dan susu di ‘lubang’ tersebut. Kocok hingga semuanya tercampur dan adonan sedikit mengental.
  3. Panaskan wajan datar. Sendokkan atau tuangkan adonan ke atas wajan sesuai dengan ukuran pancake yang kita inginkan. Tunggu hingga muncul gelembung pada permukaannya, kemudian balikkan untuk mematangkan sisi yang satunya.
  4. Pancake siap disajikan.

Hasil akhir:

My pancake

Catatan:

  • Dari hasil browsing, 1 cup sepadan dengan 240 cc. Namun berdasarkan gelas ukur yang saya miliki di rumah, 1 cup kira-kira 200 cc. Untuk resep ini, saya menggunakan gelas ukur saya sebagai patokan.
  • Hasil akhir pancake ini sebenarnya oke, fluffy-nya saya suka. The only problem is.. rasanya agak keasinan! Jadi, saran saya, lebih baik gunakanlah unsalted butter.

Semoga bermanfaat. :)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s