Enabling 4G in MIUI 8

Saya punya HP Xiaomi Redmi 3 Pro yang umurnya kira-kira masih setengah tahun. Sekitar 2 bulan yang lalu, HP ini sempat bootloop setelah entah kepencet apa sama si bos kecil. Yang jelas, tampilannya jadi begini.

Saya coba untuk flash ROM sendiri mengikuti beberapa tutorial, tapi gagal — padahal kalo berhasil, rencananya pingin posting langkah-langkahnya di blog ini (sebenarnya bisa aja saya tetep posting, tapi so sorry, I can’t help you to troubleshoot when I myself still face a failure). Masuk mode FastBoot pun tidak berhasil karena HP masih belum di-unlock. Ya sudahlah, daripada pusing, saya bawa saja ke tukang servis HP di BEC. Long story short, akhirnya HP ini bisa kembali beroperasi seperti sedia kala. Gak persis banget juga sih sebenarnya, karena dulu pake MIUI 7 (ROM China) sedangkan sekarang pake MIUI 8 (ROM Global).

Sedikit masalah terjadi ketika saya menyadari bahwa saya tidak dapat menggunakan jaringan 4G untuk mengakses internet padahal banyakan kuota bonus 4G daripada kuota utama. Masalah yang dulu tidak saya temui sebelum HP saya bootloop. Well, I thought I’m doomed. Yakali kudu nge-flash lagi pake ROM yang bisa otomatis detect 4G. -_-

Pencerahan saya dapatkan setelah saya searching dan menemukan situs ini. Ternyata masalah ini bisa diakali. Jadi saya mencobanya dan berhasil. So, here are the things that I’ve done

  1. Keluarkan SIM card. Nggak perlu sampai keluar banget, yang penting cukup untuk membuatnya tidak terdeteksi. 
  2. Buka aplikasi Phone dan ketikkan *#*#4636#*#*
  3. Kalian otomatis akan masuk ke halaman Testing. Klik pada Phone Information 1 — karena yang bisa 4G cuma SIM 1.  
  4. Scroll ke bawah hingga menemukan pilihan Set preferred network type. Klik pada combo-box di bawahnya.
  5. Scroll sampai kalian menemukan CDMA only. Klik pilihan itu.
  6. Sekarang, masuk ke menu Settings > Sim cards & mobile networks. Masukkan lagi SIM card kalian. Klik pada nama SIM card yang terdeteksi pada SIM Card Settings (misalnya pada contoh ini, saya klik pada tulisan Indosat Ooredoo).
  7. Klik pada Preferred Network Type.
  8. Akan ada 3 pilihan, yaitu: Global, 4G (CDMA), dan 3G (CDMA). Pilih Global dan taraaaaa.. jaringan 4G kalian sudah enabled.

Catatan:

  • Apa bedanya pilihan Global dan 4G (CDMA) pada langkah terakhir? Jika memilih Global, kalian akan dapat berselancar dengan jaringan 4G, juga dapat menelepon dan sms-an. Sementara itu, jika memilih 4G (CDMA), kalian dapat berselancar dengan jaringan 4G, tapi tidak dapat menelepon dan sms-an.  
  • Hal ini cuma bisa dilakukan 1 kali. I mean, setelah kalian berhasil enabling jaringan 4G, jangan kaget jika kalian lagi-lagi hanya akan menemukan pilihan 3G dan 2G pada Preferred Network Type di menu Settings
  • Kalian harus ulang lagi langkah-langkah ini dari awal setiap kali SIM card dikeluarkan dan atau HP di-restart
  • Nggak mau ribet? Silakan downgrade ke MIUI 7.3.2.0 ke bawah :p

Okelah, semoga tutorial ini bermanfaat. 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s