Juz ‘Amma for Kids

Kapan hari (a few months ago) saya sempat menonton salah satu video di facebook-nya Abah Ihsan. Dalam video itu, beliau berbicara tentang orang tua ‘pemalak’ keshalihan anak.

*What, pemalak?! Maksudnya gimana ya?*

Jadi begini. Kita sebagai orang tua seringkali berharap agar anak kita dapat tumbuh menjadi anak yang shalih. Tapi kemudian, apakah kita sudah berupaya untuk hal itu? Sudahkah kita mengenalkan anak-anak kita pada Allah, Al Qur’an, asmaul husna, dan lain-lain untuk membuat anak familiar dengan agama dan Tuhannya? Ataukah kita hanya sekedar berharap agar anak kita shalih tanpa berusaha untuk memperkenalkan anak dengan hal-hal yang ‘basic‘ itu?

Jujur, agak makjleb sih mendengarnya. Anak saya melihat saya sholat, suka kepo ketika saya mengaji, juga sedikit-sedikit saya ajarkan doa sehari-hari. Tapi apakah itu cukup? Entahlah, saya jadi ragu. 

Akhirnya, saya pun mulai hunting buku-buku Islami yang sekiranya cocok untuk dibacakan ke anak. Kenapa kok buku, kan di internet banyak? Oke, first, saya sendiri lebih nyaman baca buku yang ada fisiknya ketimbang baca di gadget. Ya setidaknya, mata kita bisa istirahat dan kita nggak bergantung pada baterai untuk dapat membaca. Second, anak saya seperti punya ketertarikan pada buku. Saya sih berharap anak saya nantinya hobi membaca. Nggak perlu sampai se-avid Dong Gu oppa juga, ya minimal dia menjadi orang yang tidak malas membaca. Bukan kayak tipikal orang jaman sekarang, yang sukanya baca judul doang terus menyimpulkan sendiri isi bacaannya, terus esmosi, nyinyir, dlsb.

Oke, kembali ke topik utama. Dari semua buku Islami yang saya belikan untuk dia, salah satu yang jadi favoritnya adalah buku “Juz ‘Amma for Kids” dari penerbit Qibla. My favourite as well, actually. Sesuai dengan judulnya, buku ini memang berisi tentang juz ‘amma (Al Qur’an juz 30). Setiap suratnya disertai dengan asbabun-nuzul (sebab diturunkannya), terjemahan, dan juga cerita pendek yang masih ada hubungannya dengan surat tersebut. 

Kenapa saya suka buku ini? Alasan utamanya adalah bahasanya. Kadang saya menemukan buku yang ‘katanya’ buku anak-anak tapi bahasanya kurang cocok dengan anak-anak. Saya punya buku yang sejenis itu juga sih, dan akhirnya jadi agak hesitant untuk bacain itu ke anak. Fortunately, menurut saya, bahasa yang digunakan di buku ini cukup children-friendly. Saya jadi seneng aja bacain ini ke anak. 

Alasan berikutnya, dengan membacakan buku ini, kita jadi ikut belajar juga. Yang tadinya nggak tahu atau lupa asbabun nuzul surat tertentu jadi tahu atau ingat lagi. Yang tadinya nggak tahu artinya, setelah baca jadi tahu. Dikit-dikit belajar bahasa Arab lah ya, biar lebih mudah kalo kita ingin menghafal ayat-ayat Al Qur’an. 

Alasan lain, kertasnya tebel dan bagus. Personal preference banget ya, agak gak penting juga sih, wkwkwk. Oke, skip. Ilustrasi di buku ini nggak lebay dan cocok banget dengan target pembacanya, yaitu anak-anak. Halaman-halamannya colorful tapi dominan warna-warna yang soft, jadi nggak bikin distracted

After all, kalau ada yang cari buku Islami untuk anak, I’ll say buku ini salah satu yang recommended. Buku ini saya beli di Gramedia dengan harga (sepertinya) hampir 100 ribu. Agak lupa juga sih, soalnya udah agak lama. Not sure sekarang harganya masih segitu atau sudah naik (kalau naik pun mungkin gak akan terlalu jauh beda). Kemahalan? Well, dengan harga segitu, yang saya dapatkan cukup sebanding, jadi menurut saya, itu nggak kemahalan. 

Baiklah, sekian review saya hari ini. Next time, masih banyak buku yang mau saya review. Just wait and see.. if you want to xD

Semoga bermanfaat. :)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s