Banyak Jalan Menuju Roma… cenah

Tulisan kedua saya hari ini sepertinya curhatan dan bahan renungan saja. Saya rasanya sudah kenyang sekali dengan perilaku sebagian orang — terutama di media sosial — saat ini. Saya pikir kita semua paham bahwa beda kepala, beda pula pemikirannya. Jadi, perbedaan pendapat itu harusnya menjadi sesuatu yang biasa, memang fitrahnya seperti itu. Karena itulah, saya heran mengapa sekarang banyak yang tiba-tiba menjadi defensif (a.k.a nyinyir) ketika melihat orang lain memiliki pendapat atau sikap yang berbeda.

Saya heran. Katanya banyak jalan menuju Roma, tapi kenapa jadi masalah ketika ada orang yang mengambil jalan berbeda? Emang harus banget ya semua orang punya pemikiran yang seragam? Saya bukan bermaksud untuk mengekang kebebasan berpendapat (ah, siapalah saya), tapi tidak bisakah kita menahan diri kita dari merasa paling benar? Karena sesungguhnya terlihat antara orang yang sekedar berpendapat dengan orang yang merasa perlu menjatuhkan pendapat orang lain. 

Bukan kita tidak perlu punya prinsip. Boleh, harus malah. Kita harus punya prinsip dan berpegang teguh pada prinsip itu. Tapi itu bukan berarti bahwa kita perlu menghakimi mereka yang berseberangan dengan kita. Hanya karena pendapat kita benar, belum tentu orang lain salah. Pun seandainya apa yang kita yakini benar memang benar adanya (dan mereka salah), saya rasa juga tidak perlu kita merendahkan (ngece) mereka.  

Kalaupun mungkin pada suatu titik, kita tidak sreg dengan pemikiran atau perilaku orang lain, cukuplah kita batin sendiri saja. Kita jadikan pelajaran sendiri untuk diri kita agar kita tidak jadi seperti orang itu. Jika memang kita merasa perlu sekali untuk menyampaikan, sampaikanlah dengan cara yang baik. Sampaikan dengan cara yang santun, bukan dengan nyinyir, berkata-kata kotor, menyerang personal, apalagi sampai bullying

Berkatalah yang baik, atau diam. 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s