Membuka Web Versi Desktop dari Mobile Device

First, pardon me for the confusing title. xD

Intinya begini. Laman web yang dibuat belakangan ini rata-rata memiliki 2 macam tampilan, yaitu tampilan untuk desktop dan tampilan untuk mobile. Laman web versi mobile biasanya lebih sederhana daripada yang versi desktop. Kadangkala, ada fitur-fitur yang ada di versi desktop yang tidak tampil pada versi mobile

Jika kita membuka laman web tertentu dari smartphone, hampir pasti kita akan diarahkan secara otomatis ke laman web yang versi mobile. Kendati demikian, terkadang — untuk tujuan tertentu — kita ingin membuka web versi desktop. Beberapa web sudah dilengkapi dengan link untuk switch ke versi desktop. Ini contohnya. 

Yang jadi masalah, ada pula web yang tidak dilengkapi dengan link seperti itu. Lalu, apakah kita harus membuka dari laptop/ PC untuk dapat mengakses laman web versi desktop?

Sebenarnya kita dapat mengakalinya. Yang kita butuhkan adalah browser Google Chrome. Silakan unduh dari Play Store jika belum memilikinya. Selanjutnya, ikuti langkah-langkah berikut ini. 

  1. Buka Google Chrome. Klik pada gambar 3 titik yang ada di pojok kanan atas. 
  2. Klik pada Request desktop site.
  3. Ketikkan alamat laman web yang ingin anda buka. Laman web akan tampil dalam versi desktop

Perlu diingat bahwa hal ini hanya berlaku untuk satu tab itu saja. Jika anda membuka tab baru, anda akan kembali diarahkan pada laman web versi mobile, kecuali jika anda mengikuti lagi langkah-langkah di atas. 

Semoga bermanfaat. :)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s