Yoshinoya | Gokana

Nowadays, sepertinya penggemar masakan Jepang sudah semakin banyak. Gerai-gerai masakan Jepang banyak bermunculan di berbagai kota di Indonesia. Tapi terkadang, orang masih ragu tentang kehalalan makanan di gerai-gerai tersebut. Nah, kali ini saya akan membahas tentang 2 gerai masakan Jepang yang sudah membuka beberapa cabang di Indonesia, harganya affordable, rasanya enak (untuk lidah orang Indonesia), dan pastinya sudah mengantongi sertifikat halal. 

Yang pertama adalah Yoshinoya. Yoshinoya ini franchise yang sudah tersebar di beberapa negara. Pusatnya sendiri berada di Jepang. Didirikan sejak tahun 1899, Yoshinoya memiliki menu andalan yaitu Beef Bowl, yang menggunakan resep rahasia yang sudah berusia lebih dari 100 tahun. 

Serius ya, beef-nya Yoshinoya itu juara banget. Tipis, soft, tender, tapi tetap juicy. Saya bukan penggemar daging merah, tapi harus saya akui, beef-nya Yoshinoya itu perkecualian. 

Irresistable. Sumpeh!

Selain beef bowl, Yoshinoya juga memiliki beberapa pilihan menu beef lainnya. Bagi yang tidak ingin makan daging sapi, di sini juga ada menu ayam dan gorengan seafood. Untuk anak-anak, ada paket menu khusus yang bisa berhadiah mainan. 

Untuk harganya, makanan di Yoshinoya ini hitungannya tidak terlalu mahal. Per item masih di bawah 50K. Kalau beli paketan, ada yang di bawah 50K, ada juga yang lebih dikit. Senangnya adalah jika kita pesan ocha (baik paketan maupun tidak), kita boleh refill berkali-kali, sesuka hati kita.

Yoshinoya saat ini baru dibuka di Jabodetabek, Bandung, Surabaya, dan Malang. Di Bandung sendiri, Yoshinoya memiliki 4 cabang, yaitu di BEC 2, Ciwalk, TSM, dan Opus One Setiabudhi.

Berikutnya, saya akan membahas gerai masakan Jepang lain, yaitu Gokana. Sama seperti Yoshinoya, Gokana juga merupakan franchise. Bedanya, Gokana ini asli bikinan orang Indonesia. Gerai ini dimiliki oleh PT Champ Resto Indonesia, perusahaan yang juga menaungi Bakso Malang Karapitan, Platinum, Raa Cha, Kopilatinum, dan Gokana Ramen Bar. 

Menu andalan Gokana ya Ramen dan Teppanyaki, pastinya. Kalau saya sendiri, saya suka ramennya, karena mie-nya enak, porsinya lumayan, dan ada beberapa pilihan soup-nya. 

Source: gokanaresto.com

Selain ramen dan teppanyaki, di sini juga ada menu ‘gorengan’ (katsu dan kawan-kawan), juga ada paket yang semacam lunchbox yang lebih ekonomis. Mungkin menunya agak mirip-mirip sama (sori sebut merek) HokBen, tapi in my opinion, makanan di Gokana ini rasanya masih lebih enak dan porsinya lebih banyak.

Untuk harga, nggak beda jauh lah sama Yoshinoya. Affordable karena rata-rata masih di bawah 50K. Yang menyenangkan di Gokana adalah mereka menyediakan welcome snack. Jadi, sembari kita menunggu pesanan, kita boleh mengambil snack (biasanya kerupuk, tapi jenisnya ganti-ganti) sepuasnya.

Saat ini, Gokana masih belum tersebar luas di Indonesia. Mereka baru membuka gerai di Jakarta, Bandung, Cirebon, dan Tegal — walaupun di Jakarta dan Bandung cabangnya banyak. Di Bandung (dan sekitarnya) sendiri, Gokana ada di Ciwalk, Sukajadi, Yogya Kepatihan, Jatinangor Square, Cimahi Mall, dan Piset Square. 

Baiklah, begitu saja review saya kali ini. Harap diingat, review ini sifatnya sangat subjektif, jadi jika ada yang kurang berkenan di hati anda, saya mohon maaf. :D

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s