Smart Parents: Pandai Mengatur Menu dan Tanggap Saat Anak Sakit

Kali ini, saya akan memberikan rekomendasi buku yang cukup berguna bagi orang tua, khususnya orang tua baru yang masih minim pengalaman. Buku ini berjudul “Smart Parents: Pandai Mengatur Menu dan Tanggap Saat Anak Sakit”. Buku ini ditulis oleh Ayu Bulan Febry K.D., S.KM dan dr. Zulfito Marendra.

Secara umum, buku ini dibagi menjadi 3 bab, yaitu: 

  • Tanggap Di Saat Si Kecil Sakit
  • Ragam Gejala Penyakit Pada Anak
  • Ragam Penyakit Anak

Bab pertama merupakan bab pengantar. Pada bab ini dibahas mengenai kapan sebaiknya membawa anak ke dokter, apa yang sebaiknya ditanyakan pada dokter, juga bagaimana memberikan obat sesuai aturan. Pada bab ini juga dibahas tentang kapan antibiotik diperlukan, serta bagaimana jika si kecil ternyata alergi obat. Di sini juga dijelaskan secara singkat tentang perbedaan antara penyakit dan gejala penyakit. Contoh yang paling umum adalah demam. Demam bukan penyakit,  tapi dia merupakan pertanda bahwa ada penyakit lain yang mungkin diderita oleh anak. Maka dari itu, dalam buku ini, pembahasan tentang gejala penyakit dan penyakit dibedakan babnya.  

Bab selanjutnya membahas tentang beberapa gejala penyakit pada anak. Ada 9 gejala penyakit yang dibahas di sini, yaitu: alergi, batuk-pilek, demam, diare, kejang demam, kembung, mimisan, sakit perut, dan sembelit. Untuk masing-masingnya, diberikan pengertian singkat tentang gejala penyakit, apa penyebabnya, bagaimana mengenali tanda-tandanya, bagaimana pengobatannya, apa yang dapat kita lakukan sebagai pertolongan pertama, kapan kita harus membawa anak ke dokter, serta bagaimana pengaturan makanan yang tepat jika anak mengalami gejala tersebut. Selain itu, diberikan juga beberapa resep makanan yang dapat kita sajikan ketika anak mengalami gejala penyakit tertentu. 

Bab terakhir membahas tentang beberapa penyakit anak. Ada 13 penyakit yang dibahas di sini, yaitu: amandel, asma, autis, cacar air, campak, demam berdarah, demam tifoid, disentri, gondongan, malaria, penyakit gizi (anemia, KEP, obesitas, GAKY, KVA), radang tenggorokan, dan sariawan. Sama seperti pada bab sebelumnya, tiap penyakit yang dibahas di sini disertai dengan pengertian, penyebab, tanda-tanda, pengobatan, pertolongan pertama, kapan harus dibawa ke dokter, pengaturan makanan, serta beberapa resep makanan yang dapat dicoba. 

Overall, menurut saya, ini adalah buku yang bermanfaat untuk para orang tua agar tidak mudah panik saat anak sakit. Jadi, jika anda termasuk orang tua yang sering panikan, saya rasa buku ini sebaiknya anda miliki. Tidak terlalu mahal kok. Ketika saya membelinya dari sebuah lapak di Tokopedia pada tahun 2016, harganya masih Rp 45.000,00. Entah berapa harganya sekarang, tapi sepertinya belum terlalu jauh berbeda. 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s