Kuis Iseng Kaesang

Kali ini saya akan membuat review tentang sebuah game bikinan Agate, yaitu Kuis Iseng — yang ada fotonya Kaesang. Saya nggak tau Kaesang terlibat dalam pembuatan game ini atau hanya dipinjam wajahnya doang. Yang jelas, dia tahu game ini dan pernah promote di akun Instagramnya.

Sesuai dengan nama game-nya, ini emang game buat iseng-isengan aja. Soal-soalnya ada yang “bener”, tapi lebih banyak yang geje, sama gejenya kayak Kaesang #eh. Nah, berhubung saya juga geje, saya sih nggak masalah main game ini. xD

Tampilan awal game ini (setelah loading) adalah seperti ini. 

Dapat dilihat bahwa ada 4 menu di sana. Walaupun nggak dikasih caption, bisa ditebak bahwa menu yang ada di sana adalah play, setting, kirim soal, dan shop (atau mereka menyebutnya ‘warung’). Menu play sudah jelas gunanya, yaitu untuk mulai memainkan game. Sementara itu, menu setting gunanya hanya untuk mengatur (enable/ disable) sfx dan musik. Lalu menu kirim soal gunanya adalah untuk mengirimkan usulan soal dari kita (user) ke developer. Terakhir, menu shop gunanya adalah untuk berbelanja koin.

Oke, kita bahas satu persatu ya. Dimulai dari menu play.

Jika kita baru memainkan game ini untuk pertama kali, dalam menu ini, kita hanya memiliki 2 pilihan, yaitu Chalenge Level dan Paket Satu *Maafkan saya kalo jadi Grammar Nazi, tapi harusnya itu tulisannya Challenge — dobel ‘l’*.  Paket Dua hingga Paket Delapan masih digembok. Selain itu, kita juga dapat melihat jumlah koin dan berapa petir (kesempatan) yang kita miliki. Petir dapat berkurang karena sebab tertentu, namun secara otomatis dapat bertambah 1 setiap 5 menit, kecuali jika jumlahnya sudah maksimal. 

Perbedaan antara Chalenge Level dan soal per paket adalah penggunaan petir dan waktu yang ditentukan. Soal-soal yang ditampilkan sebenarnya sama saja.

Jika kita memilih Chalenge Level, kita akan kehilangan 1 petir. Tapi sebagai gantinya, kita memiliki 3 nyawa untuk menjawab salah (gambar lophe lophe). Kita juga dituntut untuk menjawab soal dalam batasan waktu tertentu (gambar dinamit). Jika waktunya habis saat kita belum selesai menjawab, jawaban kita dianggap salah. 

Untuk tiap jawaban yang benar, kita akan mendapatkan score 100. Dan setelah menjawab 5 soal (dan kelipatannya) dengan benar, kecepatan kita akan bertambah 15% — well, sebenarnya maksudnya adalah, waktu kita untuk menjawab akan dikurangi. Dari 12 detik, dikurangi menjadi 10 detik, dikurangi jadi 9 detik, dan seterusnya.

Sejujurnya, untuk Chalenge Level ini, saya masih belum paham apa gunanya score. Score tidak dapat ditukar dengan koin, petir, atau yang lainnya. Score juga tidak disimpan, padahal jika disimpan, minimal kita ada sedikit excitement kalo kita bisa mengalahkan our previous record

Beralih ke soal per paket. Memang tepat sih jika disebut paket, bukan level, karena menurut saya, tidak ada perbedaan tingkat kesulitan antara satu paket dengan paket lain. Tiap paket terdiri atas 20 soal. Setiap kita menjawab benar, gambar Kaesang bersorak akan muncul. 

Dan setiap menjawab dengan salah, petir kita akan berkurang satu. Kesempatan kita untuk menjawab salah adalah sejumlah petir yang kita punya. Setelah petir kita habis, yang dapat kita lakukan adalah menunggu petir kita di-refill. Atau kita dapat juga menambah petir dengan cara membagikan ke facebook (+1 petir), membeli dengan 250 koin (+5 petir), atau menonton video iklan (+1 petir). 

Selain soal, pilihan jawaban, jumlah petir, dan sudah berapa soal yang kita kerjakan, ada beberapa hal lain yang dapat dilihat di sini. 

Di pojok kiri atas ada gambar garis tumpuk tiga dengan background berwarna hijau muda. Itu adalah tombol shortcut ke menu utama atau menu warung. 

At times, mungkin ada soal yang kita bingung bagaimana menjawabnya, whether karena terlalu absurd atau ada sesuatu yang disembunyikan. Sudah mencoba menjawab, tapi selalu salah. Karena itu, pada game ini disediakan 3 pilihan bantuan, seperti yang dapat dilihat pada bagian bawah soal. Gambar balon teks dengan background warna merah berguna jika kita ingin bertanya pada teman kita. Soal akan di-screenshoot dan dapat kita kirimkan melalui WhatsApp, Instagram, atau aplikasi yang lainnya — sama kayak kirim-kirim gambar biasanya sih. 

Di sebelah tombol “bertanya pada teman”, ada tulisan SKIP dengan background warna kuning. Ini berguna jika kita ingin melewati soal tertentu dan go straight to the next question. Untuk dapat menggunakan pilihan ini, kita membutuhkan 100 koin. 

Di sebelah tombol skip, ada gambar lightbulb. Ini adalah tombol clue. Kita dapat menggunakannya untuk mendapat petunjuk tentang jawaban soal tersebut. Untuk menggunakannya, kita membutuhkan 100 poin per clue

Jika kita sudah menyelesaikan 1 paket, gembok dari paket selanjutnya (jika masih digembok) akan terbuka. 

Dilihat dari cara memasukkan inputnya, soal-soal yang ada di game ini terbagi menjadi 3 jenis. Ada soal yang untuk menyuruh kita menjawab dengan cara mengklik pada objek tertentu (tapping). Ada juga soal yang mengharuskan kita untuk menggoyangkan ponsel kita (shaking). Dan ada pula soal yang menuntut kita untuk menggeser objek tertentu ke suatu tempat tertentu (dragging). 

Sementara itu, jika dilihat dari kontennya, soal-soal di sini dapat dikelompokkan menjadi beberapa tipe. Ada soal pengetahuan umum, pengetahuan nggak umum tapi populer, deret bilangan, mengurutkan, menghafalkan instruksi, menginterpretasikan instruksi dengan cara yang tidak umum, mencari perbedaan, dan tebak kata. 

Contoh soal pengetahuan nggak umum

Untuk soal-soal yang ada, yang kurang menurut saya adalah bank soalnya. Sepertinya jumlah soalnya belum terlalu banyak, jadi kadang muncul soal-soal yang sama secara berulang, especially ketika kita memainkan Chalenge Level. Jika sering memainkannya, niscaya lama-lama kita dapat menjawab soal tanpa membaca instruksinya lagi, karena sudah hafal. :D

Tapi mungkin itulah kenapa ada menu untuk mengirim soal. Kita dapat menyumbangkan ide soal pada developer sehingga nanti variasi soal yang ada pada game ini juga bertambah… jika di-acc dan diimplementasikan tentunya.

Oke, satu menu lagi, yaitu menu warung. Sama seperti namanya, pada menu ini, kita bisa melakukan transaksi pembelian. Yang dapat dibeli di sini adalah koin. 

Kira-kira segitu saja review saya kali ini. Jika nanti game ini ada update yang signifikan, mungkin saya akan meng-update juga tulisan ini.. jika tidak malas.

‘Till next time. 

Update: 

Game ini sudah di-update menjadi 17 paket dan dilengkapi beberapa fitur baru. Review dan spoiler tentang beberapa paket dan fitur yang baru dapat dibaca pada tulisan ini: Kuis Iseng Kaesang – Updated

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s