Interpretasi Sotoy MV 고독한 항해

Embed MV yang sama dengan di tulisan sebelumnya.

Kalo di tulisan sebelumnya, saya sudah membahas liriknya, kali ini saya akan membahas MV-nya. Urutan kejadian di MV lagu ini kira-kira seperti ini. 

Ada Dong Gu oppa yang jalan sendirian di pantai sambil membawa ikan, kemudian dia marah dan melemparkan ikannya. Setelah itu dia menangis dan kemudian berlari sambil teriak. Setelah beberapa lama berlari, dia melompat ke laut. Ada visualisasi mata tertutup, bunga mawar, mata terbuka, dan bunga *nggak yakin bunga apa itu* selama 2 detik, kemudian dia tenggelam. Saat tenggelam, tiba-tiba ada visualisasi gajah bermata merah di dalam air. Tak lama kemudian, gajah ditampilkan secara utuh di atas permukaan laut. Di akhir MV, Dong Gu oppa kembali ke pantai. 

Hmm, as I said before, sepertinya banyak simbol di sini. Baiklah, sekarang saya akan membahasnya dulu secara sok tahu, berdasarkan hasil googling dan kemampuan analisis saya yang luar biasa. Luar biasa random. Semuanya saya susun menjadi format Q&A sebagai berikut.

Kenapa harus di pantai, harus di laut? 

Judulnya aja 항해 (pelayaran), masa di hutan? Emang Pororo?

Opo rek celuk-celuk jenengku? — Source: screenshot Pororo episode ‘Berlayar di Hutan’

Laut itu simbol sesuatu yang masih misterius. Kita tidak pernah benar-benar tahu apa yang ingin kita cari, karena kedalaman lautan itu menyimpan hal-hal yang tidak semuanya kita tahu. Mungkin saja apa yang kita cari sebenarnya ada di sana, hanya kita tidak bisa melihatnya. 

So, in my opinion, the ocean here is a symbol of an uncertain future

Kenapa harus bawa ikan?

Buat main laga-laga ikan, lawan Ehsan, Jarjit, Mail... Ikan itu simbol dari dunia mimpi. Ikan yang dibawa di sini adalah ikan dalam plastik, yang dapat kita lihat dari luar saja, tanpa tahu bagaimana rasanya dia hidup di dalam sana. Dengan kata lain, kita mungkin bisa melihat mimpi kita, tapi menjangkaunya adalah hal yang lain lagi. 

Jadi, menurut saya, membawa ikan adalah simbol bahwa dia memiliki mimpi atau keyakinan tertentu. Dan ketika akhirnya dia melemparkan ikan, itu mungkin dapat diartikan bahwa dia mulai merasa ragu dengan mimpinya dan ingin menyerah

Kenapa harus nangis, lari, dan teriak?

Biar sehat. Mungkin itu untuk menunjukkan bahwa dia galau atau merasa bersalah akan sesuatu

Kenapa melompat ke laut?

Berburu kecebong. Dia nggak ujug-ujug lompat ke laut, tapi lari dulu, ambil ancang-ancang, baru lompat. Itu istilahnya striding, dan itu adalah simbol bahwa dia membuat keputusan besar dalam hidupnya. 

Setelah melompat, dia jatuh ke laut. Jatuh saat melompat adalah simbol bahwa apa yang kita lakukan akan membawa kita ke kondisi yang lebih buruk. 

Jadi, di sini, mungkin dia membuat keputusan yang salah sehingga kehidupannya malah berubah menjadi lebih buruk

Kenapa sebelum tenggelam ada mata, bunga mawar, mata, bunga lain?

Mata satu itu illumina.. *plakkk.
Well, saya juga nggak yakin yang ini. Menurut saya, di sini, ketika matanya tertutup, dia membayangkan bunga mawar. Tapi ketika dia membuka mata, bukan bunga mawar yang ada di sana. Dengan kata lain, kenyataan tidak sesuai dengan harapannya. Mungkin dia berpikir bahwa menyerah akan membuatnya merasa lebih baik, tapi ternyata tidak.  

Kenapa harus tenggelam?

Massa jenisnya lebih besar daripada air. Tenggelam adalah simbol ketakutan akan sesuatu yang mungkin mengendalikan diri kita dengan tidak sadar. Mungkin di sini maksudnya dia mulai bertanya-tanya kenapa harus menyerah (membuang ikan). Dia mulai merasa bahwa hal itu dia lakukan bukan atas keinginannya sendiri.  Dia merasa “aku nggak kayak gini deh, ini bukan aku” dan khawatir bahwa dirinya sudah berubah. Dia takut lama-lama dia akan terbiasa membuat keputusan yang tidak benar-benar dari dalam hatinya

Kenapa harus ada “gajah”? 

This is my favorite part. Gajah itu simbol kekuatan. Tapi yang ada di MV ini sepertinya bukan gajah beneran, tapi “arwah gajah” a.k.a elephant spirit, karena matanya merah dan dia tiba-tiba muncul di laut *sungguh analisis yang sangat.. zuper :v*. Searching tentang makna simbol elephant spirit, saya nemu tulisan yang bagus ini.  

You get the point, right? Intinya, simbol itu memberikan kekuatan saat kita merasa lemah, mengingatkan kita pada kenangan-kenangan indah, dan membuat kita memikirkan lagi tujuan hidup kita. Kita bisa ingat lagi apa yang selama ini menggerakkan kita (menjadi motivasi kita) dalam kehidupan dan tergerak untuk mempertahankannya. Kita juga jadi punya keberanian untuk bermimpi dan mencoba lagi hal-hal yang baru. 

Di MV ini, ketika mulai merasa bahwa dirinya berubah, Dong Gu oppa mencoba mengingat kembali alasan kenapa harus bertahan. Hal itu memberinya kekuatan dan keberanian untuk bermimpi lagi, dan akhirnya dia kembali tempat awalnya (pantai) dan siap berjuang lagi.

Tamat. 

So, to sum it up, MV ini bercerita tentang seseorang yang menyerah dari mengejar mimpinya, tapi kemudian galau dan merasa menyesal. Dia kemudian merenung, melakukan introspeksi diri, dan akhirnya menemukan alasan untuk kembali memperjuangkan mimpinya — karena siapa yang tahu apa yang akan terjadi di masa depan. Ini senada dengan pesan yang ingin disampaikan melalui liriknya, kan? *Di ‘iya’-in aja, biar cepet kelar* 

Baiklah, kira-kira begitu hasil analisis saya hari ini. Sampai jumpa lagi di analisis-analisis selanjutnya. 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s