김 좌장 (2017)

Hari ini saya mau bikin review tentang salah satu drama Korea yang belum lama ini tamat. Judul asli drama ini adalah 김 과장 (baca: Kim Kwajang). Judul internasionalnya Good Manager atau Chief Kim. Drama ini tayang dalam 20 episode yang masing-masingnya berdurasi kurang lebih 1 jam. 

Taken from Asian Wiki

Saya nonton drama ini waktu di TV masih ada CdR dan G2B. Dan setelah namatin ini, rasanya dua serial tadi jadi rada mentah. Rasanya kayak lelah nonton drama yang cinta-cintaan melulu. Wkwkwk. Jadi, untuk kalian yang juga lelah dengan drama yang cinta-cintaan, drama ini sangat recommended

Tokoh utama dari cerita ini adalah seorang pria berumur 38 tahun (Korean age) yang bernama Kim Seong Ryong (diperankan oleh Namgoong Min). Dia adalah orang yang jenius, namun menggunakan otaknya untuk melakukan hal-hal yang ilegal. Dia memiliki sebuah firma akuntansi kecil (Deokpo Enterprise) yang membantu klien-kliennya untuk membuat pembukuan palsu dan melakukan penggelapan uang. Kim Seong Ryong mengambil keuntungan dari uang yang digelapkannya, karena menurutnya, itu sah-sah saja. Orang luar tidak akan ada yang dapat menangkapnya karena toh dia mencuri dari uang curian. 

Kim Seong Ryong bercita-cita untuk pindah ke Denmark, namun uang yang dikumpulkannya masih jauh dari cukup. Suatu hari, TQ Group (sebuah perusahaan besar dengan banyak anak perusahaan) membuka lowongan pekerjaan untuk posisi Kepala Bidang Operasi Bisnis. Tidak ada syarat khusus untuk posisi itu. Pelamar hanya perlu lulus tes tulis dan interview. Kim Seong Ryong melihat ini sebagai peluang besar. Dia berencana mengambil keuntungan dari perusahaan ini, untuk kemudian kabur ke Denmark. Jadi, dia pun melamar dan singkat cerita, dia diterima. 

Setelah bekerja di TQ, Kim Seong Ryong baru menyadari bahwa perusahaan itu berada dalam kondisi yang tidak baik. Banyak ketidakberesan di sana. Dia pun ingin cepat-cepat mengambil uang dan keluar dari sana. Tak disangka, kebetulan demi kebetulan malah membuatnya dinobatkan menjadi Tuan Penyelamat. Dan secara ‘tidak sengaja’, dia malah kembali ke jalan yang benar dan menjalani hidup sebagai orang baik. Bersama dengan timnya (staf Bidang Operasi Bisnis, Cleaning Service, staf kejaksaan, dan masih banyak lagi), dia menguak dan meluruskan satu demi satu permasalahan di TQ Group. 

Oke, sekarang, yang paling saya suka dari drama ini adalah karakter Kim Seong Ryong itu sendiri. Pembawaannya udah nyentrik banget, agak norak, ngeselin, tapi justru itulah yang bikin hilarious. Ditambah lagi dia selalu punya ide-ide gila yang kadang malah bikin timnya ikutan gila gara-gara stres. Eh tapi anggota timnya juga dari awal udah agak-agak gak beres sih. Hahaha. Wes pokoke ahjussi ini juara deh. Mau jadi orang jahat atau orang baik, Namgoong Min memang the best.

Hal lain yang juga saya suka dari drama ini adalah banyak adegan yang sengaja dibikin lebay. Sebenernya adegannya gak penting-penting amat, tapi justru itu, jatuhnya malah bikin ngakak.

Di sisi lain, ada beberapa hal yang agak kurang pas. Pertama, kebanyakan adegan penculikan. Seriously, kayaknya tiap 2-3 episode selalu ada adegan penculikan, walaupun pelaku dan korbannya beda-beda. Kedua, bromance yang berlebihan. Sebenernya lucu sih nonton bromance-nya Kim Seong Ryong dan Seo Yool (diperankan oleh Junho 2PM). Tapi gimana ya, makin ke belakang jadi mikir kalo Mr. Kim ini rada ‘belok’. xD *No offense yah, it’s just my personal opinion. Feel free to disagree. ;)

Anyway, ada banyak hal baik yang juga dapat diambil dari drama ini. Yang paling mencolok adalah kita dapat memilih ingin hidup seperti apa, ingin jadi orang baik atau orang jahat. Adalah sesuatu yang wajar jika manusia kadang mengambil jalan yang salah dan tersesat terlalu jauh. Tapi sejauh apapun kita tersesat, tidak pernah ada kata terlambat untuk berbalik arah. Setiap orang berhak atas kesempatan kedua untuk berubah menjadi lebih baik. 

Baiklah, akhir kata, semoga review ini bermanfaat untuk kalian yang masih mikir mau nonton ini atau nggak. 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s