Mencetak Sendiri e-ID BPJS Kesehatan

Kemarin, untuk pertama kalinya, nyobain ke RS pake BPJS Kesehatan. Ya sekali-sekali lah, masa disuruh bayar terus tapi gak pernah dipake. :D

Btw, kartu yang ada di saya adalah e-ID (Electronic Identification). Jadi, sebelum ke permasalahan utama, mungkin saya bahas sedikit tentang e-ID BPJS. Menurut informasi yang ada di beberapa situs, e-ID adalah kartu yang kita dapatkan jika kita mendaftar BPJS secara online. Well, suami saya bikinnya waktu itu ke kantor BPJS sih, tapi nggak tau kok dapetnya e-ID juga. Tapi apapun alasannya nggak masalah sih, karena sebenarnya fungsinya sama saja. Tidak ada perbedaan antara kartu BPJS biasa dengan e-ID ini selain bentuk fisiknya. Kartu BPJS biasa ya bentuknya standar, semacam KTP. Sementara itu, e-ID bentuknya bisa beda-beda, karena bisa dicetak sendiri (mau hitam-putih boleh, berwarna boleh, dicetak di kertas apapun boleh, dan fleksibilitas lainnya).

Atas dasar itulah, kemarin pas pihak RS minta fotokopian kartu BPJS sebagai syarat administratif, saya kasih aja printout e-ID yang dapet dari BPJS. Toh bisa nge-print lagi, pikir saya. Kemudian mulailah saya cari tutorial cara dapetin softcopy e-ID biar bisa nge-print lagi. Alamak, lha kok njelimet? Wkwkwk. Akhirnya, kata suami, mau ke kantor BPJS aja deh daripada ribet.

Tadi pagi saya coba-coba lagi dan akhirnya berhasil. Ndilalah kok carane gampang banget. Cegek gak sih? Hahahaha. xD

Berikut ini saya paparkan cara yang saya lakukan untuk mendapatkan softcopy e-ID BPJS.

Pertama, unduh aplikasi BPJS Kesehatan Mobile dari Play Store. Skip langkah ini jika anda sudah mengunduh aplikasi ini.

Tuh, udah keliatan kan tulisan di paling bawah xD

Jika sudah terinstal, buka aplikasinya.

Jika ini pertama kalinya anda membuka aplikasi ini, pilih menu ‘Pendaftaran Pengguna Mobile’. Isikan data-data yang diminta dan klik tombol Register. Skip langkah ini jika anda sudah pernah mendaftar.

Selanjutnya, anda akan mendapatkan e-mail kode verifikasi yang harus dimasukkan agar anda dapat menggunakan aplikasi ini. Kurang lebih isi e-mailnya seperti ini.

Masukkan nomor kartu BPJS dan kode verifikasi ini ke aplikasi dan klik tombol Verif. *Kenapa harus ‘Verif’? Kenapa nggak ‘Verify’ atau ‘Verifikasi’ sekalian? Doh kah. >_<*

Oh iya, jika anda membuka e-mail dari smartphone yang sama, tampilan ini akan hilang saat anda membuka lagi aplikasi ini. Jangan khawatir, anda tinggal pilih menu ‘Login’, kemudian klik tombol Verifikasi Pendaftaran, dan tampilan ini akan muncul kembali.

Selanjutnya, jika verifikasi sudah berhasil, anda akan dapat masuk ke aplikasi. Masuk ke menu ‘Login’, kemudian masukkan Nomor Kartu BPJS/e-mail dan password, kemudian klik tombol ‘Log In’. 

Jika sudah masuk ke aplikasi, anda akan mendapatkan tampilan seperti di bawah ini. Pilih menu ‘Ubah Data Peserta’. *Andai saya developernya, mungkin ini akan saya merge sama menu ‘Peserta’. Tapi apalah saya ini, hanya pengguna biasa.*

Anda akan mendapatkan tampilan seperti ini. *Dan sejujurnya saya nggak ngerti kenapa di preview gambarnya pake Kartu Indonesia Sehat, padahal e-ID bentuknya beda.*

Klik gambar amplop yang ada panahnya.

Anda akan mendapatkan dialog seperti ini. Pilih ‘YA’.

Tunggu beberapa saat dan anda akan menerima e-mail yang berisi e-ID. Sebagai catatan, e-ID akan disisipkan dalam bentuk pdf dalam e-mail tersebut.

Isi file pdf

Selesai. Kita dapat mencetaknya sesuai dengan kebutuhan.

Semoga bermanfaat. :)

Update:

Aplikasi “BPJS Kesehatan” saat ini telah berganti nama menjadi “Mobile JKN”. 

Tampilan menunya mengalami sedikit perubahan menjadi seperti gambar di bawah ini. 

Anda dapat melihat bahwa ada beberapa menu baru, yaitu: Pembayaran, Kartu Peserta, dan Pengaduan Keluhan. 

Seharusnya anda masih dapat mengikuti langkah-langkah seperti yang sudah saya tuliskan di atas untuk mendapatkan softcopy e-ID BPJS. Seharusnya, anda juga dapat menggunakan langkah yang lebih cepat, yaitu dengan memilih menu Kartu Peserta dan mengklik tombol “Kirim Kartu Ke Email Anda”. 

SEHARUSNYA begitu.

Yang jadi masalah adalah.. nggak tahu kenapa, muncul exception ini tiap kali mencoba request e-ID ke e-mail saya:

Singkatnya, untuk saat ini, e-ID tidak dapat terkirim ke e-mail karena ada permasalahan pada aplikasi.

Marilah bersama-sama berdoa semoga developer dapat memperbaiki bug ini dengan segera. Aamiin.

Case Closed. It’s working now. If it wasn’t, go update your app. :)

4 respons untuk ‘Mencetak Sendiri e-ID BPJS Kesehatan

  1. Terima kasih banyak, sungguh tadinya saya bingung, saya udah bayar iuran pertama tapi ga tau harus bagaimana.. Alhamdulillah ada tulisan ini..semoga Alloh membalas anda dengan kebaikan yg banyak…aamiin

    • Waktu suami saya daftarin dulu (tahun 2015), bisa langsung dapat. Kurang tahu lagi bagaimana aturannya sekarang. Mungkin bisa ditanyakan langsung ke call center atau ke kantor BPJS saja. :)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s