Festival

Alhamdulillah, sudah hari kedua mudik ke kampung halaman (Malang). Alhamdulillah juga semalam–setelah sudah entah berapa lama–bisa ikutan tarawih ke Masjid. Biasanya tarawih di rumah aja karena bos kecil belum bisa anteng kalo diajak ke Masjid, ujung-ujungnya pasti main uber-uberan lagi. Nah, berhubung kemarin utinya lagi halangan, jadi ada yang bisa dititipin sebentar. Hehehe. Alhamdulillah (lagi) bocahnya mau, walaupun tetep saya harus berangkat dengan mengendap-endap biar dia nggak mendadak cranky. :D

instagram.com/upinipinofficial

Tadi malam, yang bertugas sebagai pengisi ceramah tarawih adalah salah seorang panitia zakat di Masjid setempat. Dalam ceramahnya, beliau sedikit ‘menyentil’ jamaah dengan berkata bahwa ada banyak orang yang menjadikan bulan Ramadhan sebagai sebuah ‘festival’ belaka. Banyak yang berlomba-lomba untuk mengerjakan ibadah di bulan ini. 

Lantas apakah itu salah? Of course not. 

Berlomba-lomba untuk beribadah di bulan Ramadhan tentu saja tidak salah, karena memang Allah melipatgandakan pahala di bulan ini. Tapi setelah Ramadhan usai, janganlah hanya berkata, “Selamat tinggal bulan Ramadhan, semoga kita masih dapat bertemu Ramadhan lagi di tahun selanjutnya”, kemudian.. poof! Kita kembali lagi seperti sebelum-sebelumnya. Jamaah masjid kembali sepi, Al Qur’an jarang dibuka, dan lain sebagainya. 

Karena itu, alangkah baiknya jika kita menjadikan Ramadhan bukan sebatas festival. Jadikanlah Ramadhan sebagai sebuah madrasah, tempat kita menempa diri untuk tetap di jalan yang benar selama 11 bulan ke depan, sampai kita (Insya Allah) bertemu dengan Ramadhan lagi. Jangan hanya rajin di bulan Ramadhan saja, tapi rajinlah juga di bulan-bulan yang lainnya.

Semoga Allah memampukan kita untuk istiqomah dalam beribadah tidak hanya di bulan Ramadhan saja. Aamiin ya robbal ‘alamin. :)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s