Kuis Iseng Kaesang – Updated

Ada yang sedikit berbeda ketika saya menilik statistik blog bulan ini. Biasanya, 2 tulisan tentang Tokopedia-lah yang menjadi tulisan teratas. Bulan ini, ternyata yang paling ramai adalah tulisan tentang Kuis Iseng Kaesang. Saya tidak tahu apakah ini ada hubungannya dengan statement “ndeso” yang dilontarkannya di vlog waktu itu atau simply karena game-nya sudah di-update. Whatever lah.

Saya sendiri langsung mengecek ke Play Store dan mengunduh update terbaru dari game ini (versi 1.3.9). Wow, ternyata sudah ada sampai Paket Tujuh Belas. Sempat pusing selama beberapa hari karena banyak soal yang agak tricky. Banyak juga yang nonsense level-nya kebangetan. Saya sepertinya menghabiskan banyak kuota untuk menonton iklan demi mendapatkan nyawa (petir) dan koin untuk “membeli” petunjuk. Hahaha. Ada juga beberapa soal yang saya nggak tahu harus diselesaikan dengan cara apa, tetap clueless walaupun sudah membuka petunjuk, sehingga akhirnya saya menonton video “kunci jawaban” di Youtube. Tentunya dengan di-skipskip *iki boso opo toh yo?* sehingga saya hanya melihat penyelesaian dari soal yang saya cari. Saya juga membeli 500 koin seharga 3000 rupiah dari warung–sekalian mengecek apakah fitur ini berjalan dengan baik. Niat banget ya. Wkwkwk. 

Baiklah, mari kita bahas apa bedanya aplikasi ini dengan versi yang lebih lama. Mulai dari tampilan awalnya. 

It used to be red, but now it’s green. Edisi lebaran tampaknya.

Menu utama

Kita dapat melihat bahwa ada 1 menu baru di sana. Menu dengan ikon bergambar bintang-bintang. Menu ini memungkinkan kita untuk melihat peringkat kita pada leaderboard. Weits, peringkat apa nih? 

Di versi terdahulu, saya sempat mempertanyakan kegunaan skor pada Chalenge Level. Di versi ini, hal itu akhirnya terjawab. Sekarang jika kita menginstal dan terhubung dengan Google Play Games, kita dapat ‘berkompetisi’ dengan pengguna-pengguna lain dan melihat skor kita pada leaderboard. Skor yang akan ditampilkan adalah skor tertinggi yang kita dapatkan pada Chalenge Level. 

Peringkat kita dibandingkan dengan pengguna-pengguna yang ada dalam lingkaran pertemanan kita di media sosial

Peringkat kita dibandingkan dengan pengguna-pengguna lain secara umum

Selain menu peringkat, satu hal yang tidak ada pada versi sebelumnya adalah fitur berita. Berita yang ditampilkan di sini adalah informasi singkat dari developer tentang event, ucapan, atau aplikasi tertentu. Berita muncul sebagai pop-up dan dapat ditutup dengan menekan tombol x (close) pada bagian kanan atas. 

Berita

Baiklah, sekarang kita masuk ke soal-soal. Soal Paket Satu hingga Paket Delapan tidak ada perbedaan dengan sebelumnya. Soal yang ditampilkan pada Chalenge Level-pun masih sama, hanya seputar pertanyaan yang pernah muncul pada Paket Satu hingga Paket Delapan. Belum ada soal baru yang dimasukkan ke sana. 

Mekanisme permainan masih tetap sama. Awalnya hanya 1 paket baru yang dibuka, paket lain digembok. Setelah selesai 1 paket, baru paket yang selanjutnya dapat dibuka. Begitu seterusnya hingga Paket Tujuh Belas. 

Yang agak berbeda di sini hanyalah jumlah soalnya. Pada Paket Satu hingga Paket Delapan, soal yang harus dijawab berjumlah 20 untuk masing-masing paketnya. Pada versi baru ini, hanya soal pada Paket Sembilan hingga Paket Tiga Belas yang jumlahnya ada 20. Pada Paket Empat Belas hingga Paket Tujuh Belas, jumlah soalnya hanya 15. 

Jenis soalnya pun sejenis. Ada soal tebak kata, tebak gambar, mencari perbedaan, tap objek tertentu, dan soal yang “beneran” (hitung-hitungan). 

Siapapun yang bikin soal ini, dia pasti pernah nonton Ksatria Baja Hitam (Kamen Rider Black) di RCTI pas awal-awal tahun ’90-an. Dengan kata lain, dia tua, wkwkwkwk. 

Yang agak tricky adalah soal mencari perbedaan. Pada paket terdahulu, mencari perbedaan ya mencari perbedaan aja. Pada beberapa paket yang baru, ada soal-soal yang perbedaannya baru akan muncul setelah kita menekan atau memindahkan objek tertentu, menunggu selama beberapa saat, atau membalikkan layar agar posisi objek tertentu bergeser. Some examples: 

Apa yang harus digeser, hayo?

Gimana caranya biar bunglon menghilang, hayo?

Loh, kok di tempatku gambarnya dinosaurus semua?

Apa tuh yang nongol di belakang?

Menguras emosi ya. Belum lagi tebak kata yang kata-katanya diplesetin. Sumpah sebel banget sama plesetannya Boboiboy dan arigatou gozaimasu. Hahaha. 

Jika ada yang memperhatikan, di paket yang baru ini ada beberapa pertanyaan yang merupakan kiriman dari pengguna. Nama pengirim ditampilkan di bawah pertanyaan. Contohnya seperti ini. 

Banyak pembaharuan bukan berarti aplikasi ini bebas dari bug. Ada bug yang saya temukan di pertanyaan jenis tebak kata, ada juga celah di tombol Share. Saya sudah mengirim e-mail tentang ini pada developer, jadi sepertinya tidak perlu saya tuliskan di sini. Semoga ditindaklanjuti sehingga aplikasi ini dapat menjadi lebih baik ke depannya. 

Oh ya, seperti yang sudah saya tuliskan di atas, saya mencoba membeli 500 koin yang harga totalnya 3000 rupiah. Ada beberapa metode pembayaran yang dapat dipilih dan saya memilih “menagihkan pada operator” alias “potong pulsa”. Prosesnya nggak ribet, tinggal mengikuti langkah-langkah yang diinstruksikan. Setelah selesai, pulsa akan dipotong sesuai dengan nominal yang harus dibayarkan, tanpa ada potongan lain untuk biaya tambahan. Aplikasi langsung mendeteksi terjadinya transaksi dan koin yang kita miliki langsung bertambah. Sederhana dan tak perlu menunggu lama. 

Oke, kiranya itu saja yang ingin saya tuliskan kali ini. Sebenarnya saya ingin menuliskan kunci jawaban dari permainan ini. Tapi setelah dipikir lagi, nanti orang yang baca mainnya jadi nggak seru dan nggak sebel kalo udah tahu jawabannya. Hahahaha. Eh tapi tapi.. kalo ada yang nyasar ke sini karena mentok nggak tahu jawaban dari pertanyaan tertentu, bolehlah tinggalkan komentar di sini dan saya akan membantu memberikan pencerahan. :D

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s