Properly

Tulisan pertama di bulan Agustus.  Edisi gemas. 

Saya tidak terlalu ingat sejak kapan saya memiliki pemikiran seperti ini:

Rasa “suka” atau “tidak suka” adalah sesuatu yang sifatnya sangat personal. Jika saya menyukai seseorang, saya tidak akan memaksa orang lain untuk juga menyukainya. Pun sebaliknya. Jika saya tidak menyukai seseorang, saya tidak akan membuat orang lain juga tidak menyukainya. 

Normal kan? Oke, skip ya. *apa sih nanya-nanya sendiri, dijawab-jawab sendiri?!*

Terlepas dari rasa suka atau tidak suka itu, dapatkah kita tetap berpikir rasional?

Hanya karena kita mengidolakan seseorang tertentu, apakah kita akan memakluminya seandainya dia melakukan kesalahan? Ah, kesalahan itu kan manusiawi. Well, that’s right. Manusia itu tempatnya salah dan lupa. But then, apakah kita akan juga memaklumi seandainya orang yang tidak kita sukai melakukan kesalahan yang sama? 

Ketika kita menyukai seseorang, kebaikan yang dilakukannya mungkin akan membuat kita semakin mengaguminya. Tapi ketika kebaikan yang sama dilakukan oleh orang yang kita benci, dapatkah kita tidak menutup mata? 

Kita hidup di zaman di mana informasi sangat mudah untuk didapatkan. Jika kita tidak memiliki kebiasaan untuk mengkroscek sebelum menyebarkan informasi tertentu pada orang lain, kita akan mudah menjadi korban dari penyebar informasi yang tidak benar (hoax). Sayangnya, banyak orang yang kadang lupa mengkroskcek hanya karena terlalu mengedepankan prasangka yang didasari oleh rasa suka atau tidak suka pada seseorang. 

Love properly, hate properly. 

Menyukai seseorang bukan berarti membenarkan apa pun yang dilakukan orang itu. Tidak menyukai seseorang juga bukan berarti semua yang orang itu lakukan salah. Biasakan kroscek, kroscek, dan kroscek sebelum mempercayai dan atau menyebarkan sesuatu agar kita tidak dimanfaatkan oleh pihak-pihak yang memang sengaja ingin memperkeruh suasana. 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s