최고의 한방 — Final Review

We’re here at last. I know, waving goodbye is not easy. But what can we do? There’s an end to everything, to this drama as well.

By the way, tulisan ini harusnya diterbitkan berbulan-bulan yang lalu, tapi entah kenapa masih kecantol di draft terus. Awalnya dulu niat bikin review mingguan biar konsisten minimal update sekali seminggu. Ternyata susah sekali untuk bertahan selama berminggu-minggu. Huhuhu. Jadi salut banget sama kontributor di situs-situs semacam dramabeans yang konsisten bikin review detail per episode dari awal banget sampe tamat. Lebih dari satu drama pula. You guys are amazing. 

Oh iya, mohon maaf jika sebelumnya ada 2 review yang saya tulis full dalam bahasa Inggris (karena sedang mood xD). Untuk review kali ini, saya akan kembali menulis dalam bahasa Indonesia. Indonesia campur-campur English. xD

Oke, berhubung ini review terakhir tentang drama ini, pertanyaan di awal dulu akan saya cantumkan lagi di sini. Sebelumnya, highlight super ekspres dulu ya. 

instagram.com/thebestpunch

  • Ji Hoon dibuatkan lagu oleh Hyun Jae, tapi ternyata lagu itu adalah lagu gubahan Ji Hoon sendiri yang sedikit di-tweak oleh Hyun Jae. Ji Hoon berterima kasih pada Hyun Jae.
  • Hyun Jae pindah dari loteng. Karena tidak ada tujuan, dia sementara pindah ke tempat Woo Seung. Mereka tidur di tempat yang terpisah dan Woo Seung tidur sambil membawa penggorengan agar Hyun Jae tidak macam-macam. 
  • MJ mengungkapkan rahasia tentang lagu-lagunya yang sebenarnya ditulis oleh Hyun Jae. 
  • Young Jae ternyata memiliki cerita sedih setelah Hyun Jae menghilang. Dia bekerja serabutan untuk menyambung hidup, sampai akhirnya bertemu dengan Cathy dan mampu mendirikan Star Punch Entertainment. Dia ada di TKP sebelum Hyun Jae menghilang namun tidak terlibat dalam kejadian itu. Young Jae hanya mencuri buku musik Hyun Jae di malam Hyun Jae menghilang. 
  • Hyun Jae memiliki penggemar yang berprofesi sebagai dokter di 2017. Usut punya usut, di brankas (episode pekan sebelumnya), Hyun Jae menemukan potongan buku musiknya dan dia tahu bahwa Hyun Jae tahun 1994 menderita penyakit parah. Hyun Jae bertanya apakah penyakit itu dapat diobati. Penggemarnya berkata bahwa dulu memang sulit, namun saat ini dunia kedokteran sudah berkembang. Penyakit itu dapat dikontrol. 
  • Suatu hari, kakek Sun Tae berjalan sendirian dan lupa jalan pulang. Ketika tersesat, dia “bertemu” dengan putrinya yang telah meninggal. Mereka meluruskan kesalahpahaman. Intinya, apapun yang mereka lakukan dulu, sebenarnya Sun Tae dan putrinya saling menyayangi. Sumpah scene ini bikin saya banjir air mata. T^T Sempat berpikir bahwa Sun Tae akan mati, tapi ternyata tidak. 
  • Gwang Jae mencari Sun Tae ke mana-mana dan menemukannya di kantor polisi. Gwang Jae akhirnya tahu tentang penyakit Sun Tae dan menyaksikan sendiri bahwa kondisinya sudah cukup parah. Scene ini juga bikin banjir air mata. Sun Tae berpesan pada Gwang Jae, seandainya dia meninggal, tolong rawat Mal Sook dengan baik. T^T
  • Di tahun 2017, ternyata ada kejadian angin topan kembar seperti tahun 1993. Saat itu terjadi, Hyun Jae mencoba meluncur dari tangga dan berhasil berpindah waktu. Dia terbangun di tahun 1994, beberapa saat sebelum dia dinyatakan menghilang dan menemukan bahwa ada “Hyun Jae” yang lain. Hyun Jae 1993 segera menyusul Hyun Jae 1994 yang sakit parah untuk mencegahnya melakukan hal-hal di luar dugaan. Hyun Jae 1993 menceritakan tentang Bo Hee, Gwang Jae, dan Ji Hoon di tahun 2017. Malam itu, lagi-lagi ada angin topan kembar. Hyun Jae 1993 menyarankan Hyun Jae 1994 untuk meluncur di tangga World Entertainment. Siapa tahu, Hyun Jae 1994 dapat terlempar ke 2017 sehingga penyakitnya dapat diobati. Hyun Jae 1994 menolaknya. Dia tidak mau lari dari masalah. Akhirnya, Hyun Jae 1993 yang meluncur pergi ke waktu yang paling cocok untuknya. 
  • Sebelum menghilang, Hyun Jae 1994 sempat mengirimkan surat pada Sun Tae. Sun Tae membiarkan surat itu tergeletak begitu saja karena marah pada Hyun Jae. Di tahun 2017, Gwang Jae menemukannya. Betapa kagetnya dia ketika mengetahui bahwa isinya adalah surat keterangan bahwa Hyun Jae memiliki saham 1% di perusahaan Samsoo Electronic. Seiring dengan berjalannya waktu, jumlahnya kini menjadi berlipat-lipat ganda. Masalah keuangan World Entertainment pun terselesaikan! \(^^)/
  • Gwang Jae merencanakan proses lamaran yang romantis. Dia mengajak Bo Hee ke sebuah restoran. Sebelumnya, Gwang Jae meminta waitress untuk menyembunyikan cincin di dalam makanan Bo Hee. Namun Gwang Jae heran karena Bo Hee santai saja memakan makanannya. Ternyata waitress tidak sengaja menukar makanan Bo Hee dengan makanan Gwang Jae. Gwang Jae menemukan cincin di makanannya dan tidak sengaja menelannya. Mereka akhirnya pergi ke RS dan dari hasil rontgen terlihat bahwa ada sebuah cincin di dalam perut Gwang Jae. Dengan menunjukkan hasil rontgen, Gwang Jae melamar Bo Hee. Gwang Jae mengatakan bahwa selama ini dia menelan perasaannya, dan kini dia bahkan menelan cincinnya. xD 
  • Gwang Jae menikah dengan Bo Hee. Dalam kartu keluarga mereka yang baru, Ji Hoon dan Mal Sook tercatat sebagai anak mereka. 
  • Ji Hoon dan Drill berhasil debut sebagai duo dengan nama JB. 
  • Ke mana Hyun Jae 1993 pergi? Kemana hayo? Ternyata dia kembali ke… 2017. Happy ending untuk pasangan Hyun Jae dan Woo Seung. 

 PERTANYAAN AWAL

Kenapa Hyun Jae tiba-tiba berteleportasi ke masa depan? 

Ini juga saya nggak terlalu paham. Hahaha. Mungkin untuk meluruskan semua kesalahpahaman dengan Gwang Jae dan Bo Hee, mengobati luka hati Ji Hoon yang merasa dibuang oleh ayahnya, menjadi orang spesial untuk Woo Seung yang hidupnya penuh kemalangan, juga menghentikan Young Jae untuk berbuat lebih tamak.  

Dapatkah Hyun Jae kembali ke masa lalu? Jika iya, akankah ada sesuatu yang berubah? 

Iya, dia dapat kembali ke masa lalu, namun tidak ada yang berubah, karena ternyata Hyun Jae ada 2. 

Apakah Hyun Jae tetap akan hilang di tahun 1993 1994?

Iya. 

Ke mana sebenarnya Hyun Jae menghilang? 

Misteri. Hanya Hyun Jae yang tahu. 

Jika dia tidak mati, apakah Hyun Jae tua akan muncul di 2017?

Tidak muncul. Malah Hyun Jae muda yang muncul. 

Apakah hilangnya Hyun Jae ada hubungannya dengan Young Jae? 

Tidak ada. Young Jae hanya saksi. 

Apakah Ji Hoon, MC Drill, dan Hye Ri akan debut? 

Iya, mereka debut. 

Apakah Bo Hee akhirnya dapat comeback?

Bo Hee mengurungkan niatnya dan memilih untuk lebih mengutamakan keluarga.

Apakah World Entertainment dapat berjaya lagi? 

Iya. 

Mal Sook itu anak siapa? 

Anak dari putrinya Sun Tae. 

Apakah Woo Seung akan berbaikan dengan ibunya? 

Tidak. Ibu Woo Seung tidak pernah diceritakan lagi setelah minggu ke-2.

TAMBAHAN

Apakah Hyun Jae benar-benar menghilang atau ada orang yang membuat Hyun Jae seolah-olah menghilang? 

Dia benar-benar menghilang. 

Mengapa pager Hyun Jae tiba-tiba berbunyi? 

Masih misteri. 

Apa arti 22198 yang Hyun Jae dapatkan di pagernya? 

Kode yang digunakannya bersama Bo Hee ketika mereka janji untuk berkencan. Artinya: I want to see you

Apa faedahnya Hyun Jae tahu makna 22198?

Hyun Jae 1993 jadi mampu memikirkan password untuk brankas penyimpanan milik Hyun Jae 1994. 

Apa faedahnya Hyun Jae tahu bahwa buku musiknya terkoneksi dengan buku yang dicuri oleh Young Jae?

Hyun Jae dapat mengkroscek bahwa ada tulisan-tulisan baru yang belum ada di buku Hyun Jae 1993. Hyun Jae juga jadi tahu bahwa ada halaman yang hilang dari buku yang ada pada Young Jae. 

Apa faedahnya jam Ji Hoon yang sama dengan jam tangan Dda Bong (Hyun Jae 1993)?

Ji Hoon jadi tahu bahwa Dda Bong adalah Hyun Jae. 

Apakah waktu di jam mereka akan kembali berjalan? 

Tidak diceritakan. 

Di mana uang yang disembunyikan Hyun Jae sebelum menghilang?

Di brankas. Brankasnya di bank. 

Siapa yang bertanggung jawab atas hilangnya Hyun Jae? 

Hyun Jae sendiri. 

Bagaimana caranya Hyun Jae kembali ke masa lalu (dan masa depan)? 

Meluncur di tangga saat terjadi twin typhoon


Overall impressions

Sebenarnya drama ini oke, tapi ending-nya bukan favorit saya. Bukan menyelesaikan masalah, malah ada misteri baru. Gimana mungkin Hyun Jae ada 2? Which one is the real Hyun Jae? Jika salah satunya adalah Hyun Jae asli, siapa yang satu lagi? Apa Hyun Jae membelah diri jadi dua saat twin typhoon tahun 1993? Ataukah salah satunya adalah Hyun Jae dari dunia paralel? Entahlah, hal ini belum jelas. 

Sebenarnya saya berharap agar Hyun Jae kembali saja ke 1993 agar Ji Hoon bisa bersama Woo Seung. *sampai akhir tetap tim Ji Hoon* :p

Pesan-pesan baik yang dapat diambil dari drama ini:

  • Jangan menyerah untuk mengejar mimpi.
  • Jangan takut untuk berkata jujur. 
  • Sayangi orang-orang terdekatmu selagi mereka masih ada. 

Apa lagi ya? Entahlah, menurut saya, drama ini lebih banyak hiburannya daripada pesan-pesan yang meaningful. Hehehe. Jadi, kalo kalian cari drama yang light, fun, dan ada sedikit unsur misterinya, drama ini bisa jadi pilihan. Apalagi kalo kalian penggemar 1N2D (walaupun sayangnya, tidak ada cameo dari Joon Young). Memang drama ini sebenarnya menargetkan audience yang berusia 20an tahun, walaupun akhirnya lebih banyak ditonton oleh orang-orang yang berusia 30-40an. xD 

Well then, thanks for reading. Til next time. :)

Iklan

Satu respons untuk “최고의 한방 — Final Review

  1. Ping-balik: First Impressions: 최고의 한방 | Rumput Jingga

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s