My Impressions: Si Juki The Movie

Mumpung belum lupa, saya mau sekalian nulis impresi setelah menonton Si Juki The Movie. Film ini adalah film pertama yang saya tonton setelah tidak nonton ke bioskop selama lebih dari tiga tahun. IMO, film ini juga lebih menghibur loh daripada film yang saya bahas di tulisan sebelumnya. :D

Saya nonton film ini di hari pertama pemutaran, yaitu tanggal 28 Desember 2017 yang lalu. Sebenarnya pingin nonton di Ciwalk, tapi di tanggal itu, Si Juki ternyata belum ada di Ciwalk. Alternatif yang paling dekat adalah di Empire (BIP). Jadilah akhirnya saya ke sana, lalu berbaris dalam antrian yang panjaaaang bersama dedek-dedek usia SMP-SMA yang datang secara rombongan demi menonton Surat Cinta untuk Starla. Hmm. Di situ kadang saya merasa tua. *_*

Sementara itu, penonton Si Juki rata-rata adalah rombongan anak-anak yang datang bersama orang tuanya. Ya memang hanya film ini yang rating-nya SU, walaupun saya akhirnya sedikit sangsi mengapa bisa diberi rating SU. 

no pic = hoax

Disclaimer: Tulisan ini sedikit mengandung spoiler. Dan seperti biasa, feel free to disagree, karena tulisan ini sangat subjektif. 

Cerita dibuka dengan adegan yang sama persis dengan teaser ini.

Kemudian Si Juki beranjak dewasa dan menjadi artis yang anti-mainstream. Sampai suatu ketika, dia jadi mainstream juga karena keseringan muncul di TV. Karena itu, Si Juki terus memikirkan bagaimana cara untuk tampil beda. Tapi ketika dia berusaha berbeda, dia malah dipecat dari acara TV-nya. 

Sementara itu, sebuah asteroid sedang meluncur menuju bumi. Jika tidak dihentikan, astoroid itu akan menghancurkan seluruh wilayah Indonesia. Seorang pengusaha besar membuat sebuah rencana untuk menghentikannya, namun ternyata rencana itu hanya untuk mencari muka.

Seseorang bernama Erin dari Badan Antariksa Seluruh Indonesia (BASI) menghubungi Juki, meminta bantuan untuk menyebarluaskan awareness tentang asteroid itu melalui acaranya. Juki yang sudah dipecat dari acaranya pun meminta bantuan pada pamannya yang berprofesi sebagai ilmuwan. Di tengah perjalanan, muncul permasalahan baru. Juki dituduh terlibat dalam jaringan teroris.

Apa yang terjadi selanjutnya? Dapatkah mereka menghancurkan asteroid itu? Dapatkah Juki membersihkan namanya kembali? Sebaiknya ditonton sendiri ya. :D

Menurut saya, film ini refreshing dari awal. Banyak adegan yang membuat saya tertawa terpingkal-pingkal karena absurd. Banyak juga joke cerdas yang agak-agak satire. Saya pribadi sangat menikmati film ini dari awal hingga akhir. 

Masalah besar dari film ini adalah: tidak semua joke bisa dipahami oleh anak-anak yang masih kecil. Itulah mengapa saya sedikit mempertanyakan tentang rating SU yang diberikan pada film ini. Memang secara konten, Si Juki The Movie cukup aman untuk ditonton anak-anak. Tapi ada aspek-aspek lain yang perlu dipertimbangkan juga, misalnya experience. Contohnya adegan ini: 

Juki dan kawan-kawan mengendap-endap untuk mendapatkan password dari sebuah sistem besar. Setelah bertindak seperti maling, ndilalah kok password-nya 12345678. :v

Anak-anak mungkin kurang paham betapa koplaknya ini. 

Atau adegan ini:

Juki harus dibuat menangis agar air matanya dapat digunakan sebagai bahan bakar roket (well, there’s a long story behind this). Teman-temannya pun mencoba menceritakan hal-hal yang bisa membuatnya bersedih. Kemudian salah seorang temannya nyeletuk, “Ketua DPR!” dan Juki menangis keras. 

Asli ngakak pas bagian ini. Tapi begitu saya noleh kanan kiri, ekspresi wajah anak-anak semacam zonk. As if they don’t even know that it was a joke

Singkatnya, pengalaman itu sangat diperlukan untuk memahami sesuatu, termasuk joke. Tanpa pengalaman, sesuatu yang sebenarnya lucu pun tidak akan dianggap lucu. 

Tapi ya, siapa saya? Hahahaha. Kalau memang lembaga sensor film meloloskan film ini untuk ditonton oleh semua umur ya sudah. Yang perlu dicatat adalah jika anda ingin mengajak anak-anak atau adik-adik yang masih duduk di bangku SD, make sure you explain to them how funny the jokes are. Walaupun mungkin butuh waktu bertahun-tahun sebelum mereka akhirnya paham. xD

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s