Buku Antologi Srikandi Gerigi

F I N A L L Y !

Alhamdulillah. Saya bersyukur sekali karena akhirnya buku bersejarah ini terbit juga. T^T *menangis haru*

Sedikit flashback, setahun yang lalu, dua orang alumni ITS (Dini Nuzulia dan Adiar Ersti) menggagas sebuah proyek penulisan bertajuk Srikandi Gerigi. Tujuan proyek ini adalah mengajak perempuan-perempuan alumni ITS untuk berbagi cerita tentang perjuangan sebelum, saat, dan atau setelah kuliah di kampus perjuangan. Harapannya, para perempuan itu termotivasi untuk berkarya dan menebar manfaat melalui tulisan. 

Kenapa judulnya harus “Srikandi Gerigi”? Alasannya sederhana saja. Menggunakan kata srikandi karena penulisnya perempuan semua. Sementara itu, kata gerigi dipilih karena salah satu elemen dari logo kampus kami adalah roda mesin bergigi. 

Singkat cerita, setelah melalui proses seleksi, terpilihlah dua belas orang kontributor yang tulisannya akan dibukukan bersama dengan tulisan dua orang penggagas. Kemudian selama beberapa pekan setelah terpilih, penggagas memberi kami (kontributor terpilih) materi-materi tentang kepenulisan yang tentunya inspiring dan berfaedah.

Bagi saya sendiri, ini adalah proyek antologi saya yang pertama. Ibarat bangunan, menulis untuk buku ini adalah “peletakan batu pertama”. Waktu itu, untuk bikin tulisan sepuluh halaman, saya butuh waktu dua minggu untuk kontemplasi dan dua minggu untuk menulis. Lambat banget. My writing speed is a lot faster now, walaupun kadang masih sangat tergantung mood dan deadline. xD

Walaupun pada akhirnya ini akan jadi antologi yang keempat terbit, saya tetap bahagia. I’m so grateful because I was able to be a part of this project. Ah, it’s too sentimental. I don’t know how to express this excitement. :’)

Anyway, here is the blurb.

“Srikandi Gerigi”

Mendengar kata-kata itu, apa yang terlintas di benakmu? Seorang pendekar wanita dengan hati sekuat baja? Atau wanita yang bergelut di dunia otomotif?

Inilah kami, sekumpulan perempuan yang tak sengaja dipertemukan Tuhan lewat media sosial untuk memberikan secuil inspirasi. Jika tak layak disebut inspirasi, anggap saja curahan hati. Curahan hati kala melewati masa tes masuk, sidang skripsi, hingga pada akhirnya bertemu dengan pujaan hati.

Buku ini menuturkan 14 cerita naik turunnya hidup perempuan di kampus perjuangan, kampus Institut Teknologi Sepuluh Nopember. Kehidupan prakuliah, kuliah, dan pascakuliah dengan segala suka dukanya, semua dibahas secara blak-blakan. Tidak percaya? Buktikan saja. Kami mengulas sisi baik dan gelapnya. Tapi tentu saja, baik buruknya, ternyata semua itu sungguh berguna bagi kehidupan kami di masa kini.

“A woman is like a tea bag. You can’t tell how strong she is until you put her in hot water.” – Eleanor Roosevelt

Lalu, siapa sajakah keempat belas Srikandi yang tulisannya dimuat di sini? 

Inilah kami:

  • Adiar Ersti Mardisiwi 
  • Dini Nuzulia Rahmah 
  • Winona Rianur 
  • Elisa Melati Putri 
  • Nurul Hudaningsih 
  • Ekkywona Novanandini 
  • Carolina Florida Edjam 
  • Ratri Dwi Kayungyun 
  • Kandi Wrahatnolo Prabowo Putri 
  • Nabila Firdausi 
  • Novita Adi Putri Ningtyas 
  • Mutmainnah Muchtar 
  • Fitrania Halla 
  • Arning Susilawati

Buku antologi ini tebalnya xiii+218 halaman. Isinya bukan hanya tentang pengalaman masing-masing penulis, namun juga ada feature story tentang beberapa sosok wanita inspiratif dan wanita yang berkecimpung di dunia teknik. Singkatnya, buku ini memang cewek banget! Pas untuk dibaca semua, terutama perempuan yang butuh motivasi dan suntikan semangat untuk membawa perubahan baik bagi diri sendiri, maupun bagi orang lain.

Harga buku ini hanya 56 ribu rupiah. Untuk sebuah buku yang sarat inspirasi, tentu tidak mahal, kan? Periode PO dimulai dari tanggal 2 Maret 2018 dan akan berakhir pada tanggal 16 Maret 2018. Di luar periode PO, buku tetap dapat dipesan, namun pembeli harus menunggu kira-kira sepuluh hari. ;)

Pemesanan dapat dilakukan dengan menghubungi CS dari penerbit Stiletto Indie Book di nomor 0881-2731-411 (WA) atau stiletto_indiebook (Line). 

Well then, we can’t wait to share this excitement with you, guys! Read this book and get inspired.

Satu respons untuk “Buku Antologi Srikandi Gerigi

  1. Ping-balik: Buku Antologi Nostalgia | Rumput Jingga

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s